Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Adu Kuat Tablet Huawei MatePad dan Samsung Galaxy Tab S6 Lite, Pilih Mana?

Tablet Huawei MatePad dan Samsung Galaxy Tab S6 Lite bisa menjadi pilihan masyarakat untuk menunjang kerja selama pembatasan sosial.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  13:55 WIB
Tablet Huawei MatePad
Tablet Huawei MatePad

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan tablet secara global kembali meningkat setelah sempat mengalami penurunan selama beberapa tahun belakangan.

Penjualan perangkat tersebut, berdasar laporan terbaru lembaga riset Canalys, tumbuh 26,1 persen pada kuartal-II 2020 secara tahunan menjadi 37,542 juta unit. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak dapat dipungkiri menjadi salah satu faktor yang memengaruhi penjualan tablet sepanjang kuartal II/2020.

Masyarakat membutuhkan perangkat itu guna menunjang berbagai macam pekerjaan yang harus dikerjakan dari rumah masing-masing. Tablet menjadi pilihan lantaran fiturnya tak kalah dan lebih praktis dibandingkan dengan komputer pribadi (PC) maupun laptop.

Selain itu, dibandingkan dengan ponsel tentunya tablet jauh lebih nyaman digunakan karena ukuran layarnya jauh lebih besar dan dilengkapi dengan perangkat pena digital atau stylus pen.

Berikut ini, produk tablet yang baru dirilis pabrikan di Indonesia.

Huawei Matepad

Belum lama ini Huawei merilis tablet terbarunya di Indonesia, yakni Huawei MatePad yang mengusung layar IPS LCD berukuran 10,4 inci. Layar tersebut dikelilingi oleh bingkai yang hanya 7,9 mm dan memiliki lubang kecil (punch hole) untuk menempatkan kamera depan.

Kamera depan maupun belakang tablet ini sama-sama beresolusi 8MP dan bisa digunakan untuk merekam video Full HD 1080P @30 fps didukung oleh aplikasi MeeTime. Namun, perlu dicatat bahwa fitur autofokus dan lampu flash LED tidak disematkan pada kamera depan.

Huawei MatePad mengusung chipset Kirin 810 2,27 GHz dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan bisa diekspansi menggunakan microSD

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 10 dengan antarmuka pengguna EMUI 10.1. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh EMUI 10.1 antara lain multi-window untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan di satu layar, serta floating windows yang dapat memunculkan pesan teks, tanpa harus menutup aplikasi yang sedang dibuka.

huawei matepad

Kemudian ada fitur app multiplier yang menunjukkan dua contoh aplikasi yang sama melalui dua jendela, sehingga dapat dioperasikan secara independen. Ada juga fitur multi-screen colaboration yang memungkinkan Anda menghubungkan ponsel ke Huawei MatePad dan menggunakan keduanya secara bersamaan dalam satu layar.

Tablet ini juga menghadirkan fitur Kids Corner yang menawarkan zona aman bagi anak-anak untuk belajar dan bermain menggunakan perangkat tersebut.

Huawei MatePad memiliki baterai berkapasitas 7.250 mAh. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya penuh perangkat itu adalah 3,8 jam menggunakan pengisi daya 10 W. Perangkat ini hanya dilengkapi oleh konektor USB type-C, tidak ada konektor 3,5 mm untuk menancapkan aksesoris audio.

Harga Huawei MatePad Rp4,299 juta, tidak termasuk keyboard dan M-Pencil Huawei. Pilihan warna yang tersedia hanya Midnight Grey.

Perlu diingat bahwa MatePad tidak lagi dibekali layanan dan aplikasi Google seperti Android pada umumnya, termasuk di antaranya Google Play Store. Sebagai gantinya, Huawei mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS).

Samsung Tab S6 Lite

Versi hemat dari Samsung Galaxy Tab S6 ini hadir dengan ukuran layar 10,4 inci menggunakan panel TFT Capacitive yang kaya warna tetapi mengonsumsi lebih banyak daya dibandingkan dengan layar jenis lainnya. Tablet ini dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 8MP yang mampu merekam video Full HD 1080P @30 fps. Sementara itu, kamera depannya yang berada di bingkai layar beresolusi 5MP dan juga mampu merekam video.

Perangkat ini ditenagai oleh chipset Exynos 9611 yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Adapun penyimpanan internalnya ditawarkan 64 GB dan 128 GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD. Galaxy Tab S6 Lite ini menggunakan tampilan antarmuka pengguna One UI 2 dengan sistem operasi Android 10. Selain kemampuan multitasking, perangkat ini juga memiliki keunggulan berupa fitur Kids Mode yang membuat perangkat aman digunakan oleh si kecil.

Lewat Kids Mode, lebih dari 3.000 aplikasi yang dirancang untuk membantu anak-anak dalam belajar dan bermain bisa diunduh secara cuma-cuma atau berbayar, di antaranya adalah aplikasi Lisa’s Music Band, yang menawarkan banyak macam suara alat musik yang sesuai preferensi anak.

Tablet ini dilengkapi S Pen yang mendukung hingga 4.096 tekanan yang berbeda. Dilengkapi palm rejection, pengguna dapat menggambar bebas dengan meletakkan tangan di atas layar, tanpa khawatir gambar akan tercoret selain dari perangkat tersebut.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite juga bisa dikombinasikan dengan book cover keyboard, sehingga pengguna bisa mengetik dengan bebas dan lebih cepat. Baterai Samsung Galaxy Tab S6 Lite berkapasitas 7.040 mAh. Adapun, waktu untuk mengisi daya adalah selama tiga jam menggunakan pengisi daya 15W lewat konektor USB Type-C.

Perangkat ini juga disematkan speaker ganda besutan AKG dan Dolby Atmos 3D surround sound, serta ada konektor 3,5 mm. Harga tablet dengan pilihan warna Chiffon Pink, Angora Blue, serta Oxford Gray ini Rp6,99 juta untuk varian 64GB dan varian 128GB sebesar Rp7,29 juta.

Samsung juga telah mengumumkan peluncuran tablet flagshipnya, yaitu Galaxy Tab S7 dan Galaxy S7+, dengan kemampuan refresh rate hingga 120Hz memiliki layar 11 inci (S7) dan 12,4 inci (S7+) dan dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP dan 5 MP ultrawide, serta satu kamera depan 8 MP.

Samsung menggunakan Qualcomm Snapdragon 865+ pada Tab S7 dan Tab S7+. Tab S7+ memiliki kapasitas baterai 10.090 mAh. Adapun, Tab S7 memiliki kapasitas baterai 8.000 mAh. Sayangnya, Samsung belum mengumumkan kapan tablet terbaru pengganti Tab S6 ini rilis di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung galaxy huawei
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top