Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkomsel Pastikan Diri Ikut Lelang Frekuensi 2300 MHz

Telkomsel memastikan diri untuk ikut lelang pita frekuensi radio 2300 MHz yang akan digelar oleh Kemenkominfo untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  16:55 WIB
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel berambisi untuk ikut ikut lelang pita frekuensi radio 2300 MHz, guna memperkuat kapasitas jaringan yang dimilikinya, sekaligus mendekat dalam pengembangan 5G.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan akan ikut serta dalam lelang pita frekuensi radio 2300 MHz, sebagai bentuk komitmen untuk melanjutkan proses pembangunan dan pengembangan layanan berbasis digital.

Konektivitas jaringan internet cepat dan ketersediaan alokasi frekuensi merupakan dua hal terpenting dalam pengembangan layanan berbasis digital.

“Telkomsel berminat untuk berpartisipasi dalam lelang pita frekuensi yang rencananya akan segera digelar oleh Kemenkominfo RI. Upaya ini merupakan wujud konsistensi Telkomsel untuk memastikan pemenuhan kualitas pengalaman pelanggan dalam menjalankan aktivitas digitalnya,” kata Setyanto kepada Bisnis.com, Selasa (4/8/2020).

Hingga saat ini Telkomsel telah memanfaatkan lebar pita sebesar 82,5 MHz yang tersebar di spektrum frekuensi, 850 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, dan 2300 MHz.

Khusus di 2300 MHz, Telkomsel memanfaatkan lebar pita sebesar 30 MHz. Dengan tambahan 10 – 30 MHz dari jumlah frekuensi yang dilelang ini, membuka peluang bagi Telkomsel untuk menjadi operator pertama yang memiliki layanan 5G, dengan total pita lebar yang mereka miliki.

Mengenai hal ini, Setyanto menuturkan bahwa seluruh penyelenggara jaringan bergerak seluler memiliki peluang yang sama dalam proses lelang, termasuk pengembangan 5G.

Adapun dalam rangka mengembangkan teknologi 5G ke depannya, Telkomsel membuka peluang dan siap menyesuaikan dengan regulasi penggunaan frekuensi untuk teknologi 5G.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top