Indonesia dan Turki Jajaki Riset Vaksin Covid-19, Pesawat, dan Ruang Angkasa

Nyoman Ary Wahyudi
Rabu, 29 Juli 2020 | 09:49 WIB
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)./Istimewa
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)./Istimewa
Bagikan

3Bidang Teknologi Ruang Angkasa

Direktur Turkish Space Agency, Serdar Huseyin Yildirim, menuturkan  Turki memiliki teknologi satelit yang maju di kawasan dengan tiga kategori aktivitas satelit di antaranya satelit komunikasi, observasi bumi, dan satelit saintifik atau eksperimental.

Sampai saat ini, menurut Serdar, terdapat 9 satelit komunikasi, 7 satelit observasi bumi, dan 6 satelit untuk eksperimentasi. Sementara, sejumlah 3 satelit masing-masing di antaranya sedang dalam tahapan pengembangan.

Di sisi lain, Indonesia melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)  tengah menjalankan proyek pembangunan Bandara Antariksa pertama di Biak yang sedang dalam tahap pengkajian.

Bambang menjelaskan pemilihan lokasi di Biak,  dikarenakan wilayah ini paling dekat dengan ekuator, pada titik satu derajat LS dan berhadapan dengan Samudera Pasifik.

Bambang  menyambut baik ketertarikan Turki dalam proyek pembangunan bandara antariksa ini, dan mengharapkan Indonesia dapat melakukan joint collaboration dengan Turki untuk dapat mengembangkan level bandara angkasa ini dari nasional menjadi internasional.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Menteri Industri dan Teknologi Turki secara terbuka mengundang Menristek/Kepala BRIN beserta Delegasi Indonesia lainnya, untuk dapat menghadiri Techno Fest pada tanggal 22 September 2020 di Ankara.

Saat itu diharapkan  agar Indonesia dapat membawa serta pesawat N-219 agar dapat dipamerkan kepada Presiden Turki dan komunitas riset dan Inovasi dunia yang akan berpartisipasi  dalam agenda tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper