Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Misi Pertama US Space Force Luncurkan 4 Satelit Rahasia

Peluncuran 4 satelit rahasia itu akan menggunakan roket Northrop Grumman Minotaur IV yang akan meluncurkan misi NROL-129 untuk Kantor Pengintaian Nasional AS (U.S. National Reconnaissance Office) dari fasilitas peluncuran NASA di Pulau Wallops, Virginia.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  12:39 WIB
Logo US Space Force
Logo US Space Force

Bisnis.com, JAKARTA - US Space Force akan meluncurkan 4 satelit rahasia ke orbit dari pantai timur Virginia, Rabu (15/7/2020) pukul 09.00 EDT atau pukul 20.00 WIB.

Peluncuran 4 satelit rahasia itu akan menggunakan roket Northrop Grumman Minotaur IV yang akan meluncurkan misi NROL-129 untuk Kantor Pengintaian Nasional AS (U.S. National Reconnaissance Office) dari fasilitas peluncuran NASA di Pulau Wallops, Virginia.

Ini merupakan peluncuran pertama US Space Force dari Wallops sejak badan itu dibentuk pada Desember 2019. Wallops merupakan salah satu lokasi peluncuran tertua AS. Masyarakat global dapat menyaksikan peluncuran NROL-129 secara online pada laman NASA di youtube. Satelit NROL-129 akan diluncurkan dari Pad-0B di Spaceport Regional Mid-Atlantic di fasilitas Wallops.

"Ini akan menjadi misi US Space Force pertama kami dan misi NRO khusus pertama dari Wallops," kata Letnan Kolonel Angkatan Udara Ryan Rose, Kepala Launch Small Launch and Targets Division di Space and Missile Systems Center pada sebuah keterangan resmi, seperti dikutip dari laman space.com, Rabu (15/7/2020).

Dia berharap untuk terus meluncurkan satelit prioritas nasional untuk mitra NRO mereka.

Pada laman space juga menunjukkan bahwa karena misi tersebut adalah misi rahasia, waktu peluncuran yang tepat belum secara resmi dirilis, tetapi ditargetkan di jendela yang dibuka (open window launch) pada pukul 9 pagi EDT dan ditutup pada 1:45 siang EDT.

Adapun, peluncuran NROL-129 adalah peluncuran pertama roket Minotaur IV dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA dalam tujuh tahun. Minotour IV memiliki fase pemisahan empat tahap. Roket itu memiliki tinggi 78 kaki atau sekitar 24 meter. Roket itu terakhir terbang dari Wallops pada 2013 untuk meluncurkan misi LADEE NASA ke bulan untuk mempelajari debu bulan.

Roket Minotaur IV adalah pendorong berbahan bakar padat yang terdiri dari bekas bagian rudal balistik antarbenua. Tiga tahap pertamanya adalah motor berbahan bakar padat dari rudal Peacekeeper yang dinonaktifkan, dengan motor roket padat komersial yang berfungsi sebagai tahap atas untuk mengirimkan muatan ke orbit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satelit stasiun luar angkasa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top