Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Pertarungan Gawai Empat Kamera dengan Harga Rp6 jutaan

Peluncuran Huawei Nova 7 bakal bersaing ketat dengan Galaxy A71 dan Mi Note 10 Pro yang juga memiliki empat kamera dan harga sekitar Rp6 jutaan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  15:40 WIB
Huawei Nova 7. - istimewa
Huawei Nova 7. - istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Persaingan gawai kelas menengah makin memanas. Huawei yang baru saja meluncurkan Huawei Nova 7 menyamatkan sejumlah keunggulan salah satunya empat kamera dengan sejumlah fitur menarik.

Dibandrol dengan harga senilai Rp6,9 juta, gawai ini diperkirakan akan bersaing dengan Galaxy A71 dan Mi Note 10 Pro yang juga memiliki empat kamera dan harga sekitar Rp6 jutaan. Lantas bagaimana spesifikasi masing-masing gawai?

Kamera :

Kamera merupakan unsur yang paling menonjol dalam persaingan. Sebab, gambar yang dihasilkan kamera gawai menjadi pengalaman terdepan yang dilihat oleh seseorang dari suatu gawai. Berbeda dengan chipset, baterai ataupun prosesor yang baru dapat dirasakan manfaatnya setelah digunakan beberapa hari.

Untuk kamera, Nova 7 memiliki empat kamera belakang dengan kamera utama berukuran 64 MP, kemudian lensa ultrawide 8MP, telephoto 8 MP dan makro 2 MP. Untuk dibagian depan, terdapat kamera dengan ukuran 32 MP.

Huawei berusaha memberikan pengalaman yang berbeda kepada penggunannya melalui fitur Dual-View Video, yang memungkinkan pengguna menangkap video dari kamera belakang dan depan secara bersamaan.

Sementara itu, Galaxy A71 juga dibekali dengan kamera utama berukuran 64 MP, lensa ultrawide 16 MP, lensa makro 5 MP, dan lensa telephoto 5 MP. Adapun Mi Note 10 Pro memiliki kamera utama berukuran 108 MP, lensa ultra wide 20 MP, lensa makro 2 MP, dan lensa tele berukuran 20 MP.

Secara ukuran MP, Mi Note 10 Pro memiliki kamera utama dan lensa ultra wide dengan ukuran MP terbesar dibandingkan dua gawai lainnya, sementara itu Galaxy A71 memiliki keunggulan di lensa makro.

Layar :

Layar memberikan pengalaman kepada pengguna dalam melihat foto maupun menonton video. Layar yang luas membuat pengalaman menonton makin nyata, namun di lain sisi, bagi pengguna yang tidak suka gawai dengan ukuran jumbo, layar ukuran lebar justru membuat mereka risih karena memakan tempat di dompet.

Menyangkut soal layar, Nova 7 memiliki layar panel OLED dengan ukuran 6,54 inci dengan punch hole kecil yang terletak di sudut kiri atas dan bezel tipis.

Sementara itu, Galaxy A71 memiliki layar Super AMOLED Plus dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi FHD+ 1080x2400 pixels.

Adapun Mi Note 10 Pro memilki layar panel AMOLED dengan ukuran 6,47 inci dan resolusi 1080x2340 pixels.

Mi Note 10 Pro memiliki layar yang lebih sempit dibandingkan kedua gawai lainnya. Adapun bagi pengguna yang ingin mendapat pengalaman menonton video lebih puas Galaxy A71 dapat menjadi pilihan.

Baterai dan pengisian:

Daya tahan baterai mempengaruhi kenyaman pengguna. Makin lama sebuah gawai dapat bertahan hidup maka makin baik, mengingat pengguna memiliki aktivitas yang padat sehingga membutuhkan gawai tangguh yang tidak cepat lowbatt.

Huawei Nova 7 memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh. Gawai ini dilengkapi dengan fitur pengisian cepat Super Charge 40W. Pengguna hanya perlu mengisi daya gawai selama 30 menit untuk mendapatkan pengisian daya baterai 75%.

Sementara itu, Samsung Galaxy A71 memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan fitur pengisian cepat 25W.

Adapun Xiaomi Mi Note 10 Pro memiliki baterai berkapasitas 5.260 mAh dengan fitur pengisian cepat 30W. Fitur ini membuat pengguna dapat mengisi baterai sebesar 100% hanya dengan waktu 65 menit.

Dari sisi baterai, Nova 7 memiliki keunggulan dalam pengisian cepat gawai dibandingkand dengan dua gawai lainnya. Sementara itu, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Mi Note 10 Pro merupakan yang terbesar.

Memori dan RAM

RAM memiliki fungsi untuk menjalankan mesin, sekaligus menjadi jantung bagi kinerja gawai. Chip prosesor dalam perangkat gawai tidak akan mampu berjalan sendirian untuk menyimpan data dan seluruh informasi sehingga membutuhkan bantuan RAM.

Dalam hal ini, Nova 7 dibekali dengan RAM sebesar 8GB dengan memori internal sebesar 256 GB. Nova 7 tidak memiliki slot untuk memori eksternal.

Sementara itu, Galaxy A71 memiliki 6 GB-8 GB dengan memori internal sebesar 128 GB. Galaxy A71 memiliki slot untuk memori eksternal microSD hingga 512 GB. Adapun Mi Note 10 Pro memiliki RAM sebesar 8GB dengan memori internal sebesar 256 GB. Sama seperti Nova 7, Mi Note 10 Pro juga tidak memiliki slot untuk memori eksternal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung galaxy huawei xiaomi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top