Infrastruktur Digital di Destinasi Pariwisata Jadi Perhatian

Akbar Evandio
Selasa, 7 Juli 2020 | 17:51 WIB
Ilustrasi pantai./ istimewa
Ilustrasi pantai./ istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kebutuhan internet cepat di sejumlah destinasi pariwisata menjadi perhatian tersendiri bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ahmad M. Ramli mengatakan penyediaan jaringan telekomunikasi, termasuk internet, merupakan faktor yang terpisahkan dalam upaya mendukung industri pariwisata.

Dia mengklaim bahwa di beberapa destinasi pariwisata Indonesia telah memiliki kualitas pelayanan internet yang memadai.

“Kalau di Danau Toba kami bisa sampaikan bahwa kualitas pelayanan terbaik ada di Tombak Sulu-sulu [salah satu situs budaya yang ada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan] dengan kecepatan internet 34,85 Mbps. Jadi, di sana daerahnya tidak terlalu banyak orang tapi kemudian kualitas service-nya sangat baik, tetapi Bandara Internasional Kualanamu kecepatan internetnya ada 15,21 Mbps,” terangnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (7/7/2020).

Contoh lainnya seperti di Candi Borobudur yang memiliki kecepatan internet sebesar 15,84 Mbps, Bandara Lombok Raya sekitar 23,04 Mbps, dan Pelabuhan Teluk Awing 20,90 Mbps.

Ahmad mengatakan bahwa tingkat kecepatan internet di destinasi wisata tersebut dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, dari sisi kualitas pelayanan yang dihadirkan oleh operator dan kedua dari pilihan konsumen dalam memilih paket data.

“Kalau di daerah tadi seperti di Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, mereka sudah di atas 10 Mbps dan ini otomatis unduhnya bisa lebih cepat. [Data ini] kami dapatkan dari drive test yang dilakukan oleh Kominfo,” paparnya.

Dia mengatakan bahwa agar kebutuhan layanan diberbagai pelosok wilayah, Kominfo akan terus memantau kebutuhan tersebut.

“Nanti [bila ada kebutuhan] kami akan minta operator untuk memperbaiki hal itu, bila ada kebutuhan bandwidth kami akan minta ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper