Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bernostalgia Dengan Ponsel Reinkarnasi Nokia 5310, Simak Spesifikasinya

Salah satunya adalah 5310 Reborn yang hadir dengan fitur yang tak jauh berbeda dari pendahulunya, 5310 XpressMusic.  Masih menyandang status sebagai feature phone yang mengunggulkan fitur pemutar musik dan radio FM-nya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  07:54 WIB
Nokia 5310
Nokia 5310

Bisnis.com, JAKARTA – Lupakan sejenak ponsel pintar yang terus berlomba menambah jumlah kamera belakang dan memperbesar ukuran layar. Mari kita tengok deretan produk terbaru Nokia yang mengajak kita menengok ke belasan tahun lalu kala fungsi utama ponsel masih sebatas untuk telepon dan mengirimkan pesan singkat.

Pabrikan yang kini berada di bawah naungan HMD Global itu menghadirkan sejumlah ponsel dengan fitur dasar atau feature phone terbarunya. Tidak sepenuhnya baru karena ponsel tersebut adalah versi reinkarnasi atau dari ponsel legendaris yang sempat jadi idola.

Salah satunya adalah 5310 Reborn yang hadir dengan fitur yang tak jauh berbeda dari pendahulunya, 5310 XpressMusic.  Masih menyandang status sebagai feature phone yang mengunggulkan fitur pemutar musik dan radio FM-nya.

Untuk mendengarkan musik melalui ponsel ini Anda terlebih dahulu harus memasukkan file MP3 ke sebuah microSD melalui Bluetooth atau konektor microUSB 1.1.

Kapasitas maksimal microSD yang bisa terbaca oleh ponsel ini adalah 32GB. Adapun, memori internalnya hanya berkapasitas 16MB. Sangat kecil, tapi cukup untuk menyimpan ribuan pesan singkat dan kontak.

Kemudian untuk radio FM-nya, fiturnya masih sangat sederhana. Namun, kelebihannya adalah tidak diperlukan earphone atau headset untuk mengaktifkannya.

Kelebihan lainnya adalah speaker depan ganda seperti ponsel seri XpressMusic yang pernah dikeluarkan oleh Nokia. Suara yang dihasilkan tentunya lebih lantang dari ponsel kebanyakan.

Fitur lainnya adalah kamera VGA tanpa fitur autofocus yang untuk saat ini tentunya sangat usang.

Adapun, kapasitas baterainya, ponsel ini ditanamkan baterai sebesar 1200mAh yang diklaim mampu bertahan selama 7,5 jam waktu bicara serta 22 hari (SIM tunggal) dan 30 hari (SIM ganda) dalam kondisi diam.

Dari segi desain 5310 Reborn masih sama seperti pendahulunya.  Menggunakan papan ketik klasik T9 dengan tambahan tombol pemutar musik dan volume di bagian samping.

Namun, bukan berarti tidak ada perbedaan. 5310 Reborn berukuran sedikit lebih besar dari pendahulunya. Pasalnya layar TFT yang digunakan ukurannya membesar dari 2,1 inci ke 2,4 inci.

5310 Reborn tersedia dalam dua warna, yakni putih kombinasi merah dan hitam kombinasi merah. Warna yang identik dengan ponsel XpressMusic selain hitam kombinasi biru dan putih kombinasi biru.

Belum ada informasi lebih lanjut dari Nokia Indonesia mengenai harga dan kapan 5310 Reborn diluncurkan di situs resminya. Namun, di beberapa platform dagang el ditemukan pedagang yang menjual ponsel ini dengan harga Rp600-700 ribu.

Sebelum menghadirkan 5310 Reborn, Nokia sempat menghadirkan versi reborn dari tiga ponsel legendarisnya ke Tanah Air, yakni 3310, 8810 atau lazim disebut sebagai “Nokia Pisang”, dan 2720 dengan model lipat atau flip-nya. Semuanya hadir dengan warna-warna yang meriah dan fitur yang tak jauh berbeda dengan 5310 Reborn.

Di beberapa negara, ketiganya hadir dengan sistem operasi KaiOS dan mendukung jaringan 4G. Alhasil, bisa dipasangi aplikasi Facebook, Whastapp, dan Youtube dengan fitur yang sangat terbatas.

3310, 8810, dan 2720 versi reborn sudah tak tersedia di situs resmi Nokia Indonesia. Namun, Anda masih bisa mendapatkan ketiganya di sejumlah platform dagang el dalam kondisi baru. Harganya beragam, akan tetapi sebagian besar kurang dari Rp500 ribu.

Ponsel ini bisa jadi pilihan bagi orang tua yang tidak terbiasa dengan ponsel pintar. Mungkin juga bagi mereka yang ingin mengulang kembali kenangan manis di masa lalu.

Tapi yang jelas, jangan pernah berharap banyak dari ponsel reinkarnasi Nokia. Kaum mending-mending lebih baik menyingkir dulu dari ponsel ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel pintar nokia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top