Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Intip Notebook Baru dari Seri HP ProBook 405

Perangkat tersebut menggunakan prosesor AMD® RyzenTM PRO 4000 Mobile Series yang merupakan prosesor berteknologi x86 7nm.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  07:40 WIB
HP ProBook 405
HP ProBook 405

Bisnis.com, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri jika dukungan perangkat yang memadai amatlah dibutuhkan ketika harus bekerja jarak jauh (remote working). Terlebih dalam kondisi seperti saat ini yang mana pandemi Covid-19 memaksa semuanya harus dilakukan dari rumah tanpa adanya tatap muka seperti sebelumnya.

Tentunya produktivitas akan sangat dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan, alih-alih hanya mengandalkan kemampuan diri. Karena kemampuan Anda akhirnya tidak bisa dimaksimalkan lantaran keterbatasan kemampuan perangkat yang menjadi alat kerja sekaligus media penghubung dengan kantor atau pihak lainnya.

Kerja jarak jauh kemungkinan akan dipertahankan setelah pandemi Covid-19 usai lantaran dinilai lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mulai menyiapkan perangkat yang memadai. Dimulai dari laptop sebagai perangkat paling esensial.

Untuk yang satu ini, Anda mungkin bisa melirik seri terbaru dari HP ProBook 405 yang baru saja dirilis oleh Hewlett Packard (HP) di Tanah Air, yakni HP ProBook x360 435 G7. Perangkat tersebut menggunakan prosesor AMD® RyzenTM PRO 4000 Mobile Series yang merupakan prosesor berteknologi x86 7nm.

Menurut Indonesian Head of Personal System Category HP Inc Ricky Handrian, HP ProBook x360 435 G7 menjadi laptop pertama di dunia yang menggunakan teknologi tersebut. Teknologi tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap performa perangkat semata.

““Ini merupakan teknologi 7 nanometer sehingga berbeda sekali dengan versi sebelumnya. Dengan teknologi Ryzen Pro ini, bukan hanya performance, tapi juga daya tahan baterai menjadi lebih lama,” katanya.

AMD® RyzenTM PRO 4000 Mobile Series terintegrasi dengan AMD RadeonTM Graphics yang sudah mendukung HD Decode, DX12, and HDMI 1.4b.

Sebagai catatan, AMD® RyzenTM PRO 4000 Mobile Series masuk dalam kategori Accelerated Processing Unit (APU) yang mana prosesor dan kartu grafis tergabung menjadi satu. Oleh karena itu, bagi Anda yang senang bermain gim berat atau menggunakan perangkat lunak 3D seperti AutoCAD, HP ProBook x360 435 G7 bukan pilihan tepat.

Adapun, untuk RAM yang digunakan oleh HP ProBook x360 435 G7 sebesar 16GB berjenis DDR4-3200 SDRAM.

Untuk penyimpanannya, HP ProBook x360 435 ditanamkan solid state drive (SSD) 256GB yang didalamnya sudah terpasang sistem operasi Windows 10.

Sementara itu, untuk fisiknya HP ProBook x360 435 G7 mengusung konsep convertible dengan layar sentuh 13,3 inci dengan casing berbahan aluminium.

“Seluruh seri HP ProBook 405 kekuatannya terjamin karena sudah menjalani 19 jenis pengujian berstandar militer yang terdiri dari tes jatuh, tahan guncangan, getaran, dan tes lainnya,” ungkap Ricky.

Lebih lanjut, Ricky menjelaskan bahwa HP ProBook x360 435 G7 dilengkapi sistem keamanan berupa HP Sure Start for AMD dengan self-healing BIOS yang secara otomatis memulihkan perangkat dari serangan atau system corruption, HP Sure Sense memanfaatkan tenaga deep learning artificial intelligence (AI) untuk mengidentifikasi serangan yang belum pernah dikenali sebelumnya sehingga membantu pencegahan infeksi.

Kemudian ada juga HP Sure View Gen3 secara langsung menghadang ancaman pengintaian, serta HP Sure Click yang mengamankan PC dari ancaman situs berbahaya dapat diunduh secara gratis di bit.ly/SureClick sampai 30 September 2020, dan HP Privacy Camera dengan shutter fisik yang sudah terpasang.

Terakhir, Ricky menuturkan HP ProBook x360 435 G7 memiliki sejumlah fitur penting untuk menunjang aktivitas video konferensi diluar webcam-nya yang beresolusi 5MP dan mampu merekam video 720p HD.

“Webcam dan mikrofonnya berteknologi AI, mampu menyaring obyek atau suara diluar yang mengganggu jalannya video konferensi,” tutupnya.

HP ProBook x360 435 G7 tersedia mulai Juli 2020 dengan harga mulai dari Rp11 juta. Selain itu, tersedia pula HP ProBook 445 G7 dengan spesifikasi yang hampir sama dengan harga mulai dari Rp9 juta.

Perbedaan HP ProBook 445 G7 terletak pada layarnya yang berukuran 14 inci dan tidak mengusung konsep convertible. Layarnya masih menggunakan layar konvensional. 

Layar yang digunakan juga bukan layar sentuh seperti pada HP ProBook x360 435 G7.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewlett packard laptop
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top