Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nearby Share Milik Android Dapat Digunakan untuk Berbagi Melalui Google Chrome

Tak hanya digunakan untuk berbagi antarponsel saja, fitur Nearby Share yang akan dirilis Android diperkirakan bakal dapat digunakan untuk berbagi dengan gawai lain seperti komputer personal dan laptop.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  08:54 WIB
Android Marshmallow - reuters.com
Android Marshmallow - reuters.com

Bisnis.com, JAKARTA – Fitur berbagi data secara nirkabel milik Android yakni Nearby Share akan dapat digunakan di Google Chrome dan platform lain dalam waktu dekat.

Seperti dikutip dari 9to5Google, Senin (22/6/2020) fitur Nearby Share dapat membuat pengguna Android secara langsung berbagi foto, tautan dan file lain dengan perangkat lainnya. Fungsi Nearby Share mirip dengan cara kerja AirDrop milik Apple yang digunakan di platform macOS dan iOS.

Dalam video yang disebarkan oleh XDA Developers yang dirilis awal tahun ini, Nearby Share akan dimasukkan dala fitur pengaturan cepat Android. Nearby Share tampak mendapatkan fungsi terbaiknya ketika gawai yang digunakan untuk berbagi memiliki jarang yang saling berdekatan.

Fitur ini diprediksi bakal tersedia di Google Play dalam waktu dekat. Tidak hanya perangkat seluler Android saja yang dapat menggunakan fitur ini, namun juga pada Chromebook dan Google Chrome yang diinstall di laptop atau komputer personal.

Fitur ini cara kerjanya cukup mudah. Setelah memilih file yang akan dikirim beserta akun tujuan pengiriman, pengguna dapat segera melakukan aksi berbagi file.  

Para pengguna dapat mengatur visibilitas perangkatnya sendiri, apakah akun ingin dilihat semua kontak Google terdekat ataukah hanya pada perangkat tertentu saja.

Selain itu, fitur terbaru ini juga menyediakan pilihan untuk dapat mentransfer file via WiFi atau dengan menggunakan internet pada perangkat.

Hanya saja, belum jelas, kapan aplikasi ini akan dirilis oleh Google. Namun mengingat sudah banyak bocoran mengenai aplikasi ini, bisa diperkirakan aplikasi tersebut tak lama lagi akan diluncurkan ke publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

android chromebook

Sumber : 9to5Google

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top