Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Play Billing Versi 3, Lindungi Pengguna Android dari Pengembang Aplikasi Nakal

Google telah mengisyaratkan kehadiran metode terbaru berlangganan aplikasi setelah mengumumkan Google Play Billing Library Versi 3.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  09:28 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Google diketahui sedang melakukan percobaan terhadap metode terbaru berlangganan aplikasi.

Nantinya, pengguna bisa membayar biaya berlangganan tanpa perlu terlebih dahulu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat mereka.

Dilansir dari TechCruch pada Kamis (18/6/2020), Google telah mengisyaratkan kehadiran metode terbaru berlangganan aplikasi setelah mengumumkan Google Play Billing Library Versi 3.

Sebagai catatan, Google Play Billing merupakan layanan pengelolaan transaksi, baik pembelian maupun berlangganan konten, aplikasi, dan gim di Google Play Store.

"Google Play Billing Library Versi 3 memungkinkan pengguna untuk membeli atau berlangganan produk-produk Anda (pengembang) dari luar aplikasi, seperti melalui Google Play Store)," demikian pernyataan Google.

Metode baru yang dihadirkan oleh Google Play Billing Versi 3 menjadi dari upaya Google memberikan dukungan terhadap layanan berlangganan digital dan pengembang yang patuh terhadap aturan.

Pasalnya, selama ini sejumlah aplikasi seluler seringkali menipu pengguna lewat "fleeceware". Mereka menggunakan pemasaran dan celah yang menyesatkan dalam cara sistem operasi seluler menangani percobaan dan langganan untuk membuat pengguna mengunduh aplikasi dan menyetujui langganan mahal sebelum menggunakannya.

Aplikasi ini sering menggunakan daya pikat uji coba gratis. Dengan adanya Google Play Billing Versi 3, apabila pengguna memasang aplikasi di perangkatnya tanpa membaca bahwa itu melibatkan langganan berbayar, mereka tidak perlu melalui proses mendaftar dan mengonfirmasi detail pembayaran di dalam aplikasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top