Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Komputasi Awan, XL Axiata Gandeng Google Cloud

XL Axiata dan Google Cloud menjalin kemitraan strategis dengan target mengalihkan 70 persen beban kerja perusahaan ke komputasi awan dalam tiga tahun ke depan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  10:41 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Google Cloud menjalin kemitraan strategis sebagai kelanjutan penerapan strategi hybrid-cloud XL Axiata dengan Anthos dengan target mengalihkan 70 persen beban kerja perusahaan ke komputasi awan dalam tiga tahun ke depan.

XL Axiata mengadopsi platform manajemen aplikasi modern dari Anthos-Google Cloud untuk mengotomatisasi, mengelola, dan membuat skala beban kerja di lingkungan hybrid/multi-cloud perusahaan secara aman dan konsisten.

Google Cloud Anthos memungkinkan perusahaan membangun serta mengelola aplikasi berbasis Kubernetes, baik yang ada di pusat data lokal, Google Cloud, atau solusi cloud lainnya, tanpa perlu modifikasi.

Dengan memigrasikan platform layanan mikronya ke Google Cloud dan menghadirkan Google Kubernetes Engine (GKE) Anthos di pusat data lokalnya, XL Axiata dapat memperluas kapabilitas komputasi awan di sumber daya yang dimilikinya, baik yang lokal atau berbasis cloud secara ekonomis.

Lebih jauh, XL berencana mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang bisa diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Selain itu, peluncuran region GCP Google Cloud di Jakarta memampukan XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia.

“XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur kami demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” ujar Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (9/6/2020).

Dalam kemitraan strategis tersebut, XL Axiata sekaligus menjadi partner interkoneksi Google Cloud guna menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer data yang baik di lima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google.

Melalui Interkoneksi Partner tersebut, traffic antara jaringan lokal dan Google Cloud tidak melewati jaringan internet publik, melainkan diarahkan melalui jalur langsung di jaringan milik XL Axiata.

Hal tersebut akan mengurangi jumlah titik rawan di mana trafik biasanya berpotensi tidak tersampaikan atau mengalami gangguan.

Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie menambahkan kolaborasi dengan XL Axiata memungkinkan perusahaan besar maupun kecil di Indonesia untuk mendapatkan akses ke konektivitas berkecepatan tinggi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sebelumnya tidak dimungkinkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata google telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top