Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

iPad Air 4 Bakal Dilengkapi Konektor USB Type-C

Melansir GSM Arena pada Rabu (3/6/2020), sebuah laporan yang beredar di China menyebut perangkat tersebut akan menggunakan port USB type-C layaknya perangkat Android kebanyakan, alih-alih menggunakan port lightning.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  18:13 WIB
Ipad Air 4
Ipad Air 4

Bisnis.com, JAKARTA - Wujud iPad Air 4 yang bakal meluncur tahun ini sedikit demi sedikit terkuak. Perangkat tersebut dikabarkan hadir dengan lubang pengisian daya atau port yang berbeda dari ketiga pendahulunya.

Melansir GSM Arena pada Rabu (3/6/2020), sebuah laporan yang beredar di China menyebut perangkat tersebut akan menggunakan port USB type-C layaknya perangkat Android kebanyakan, alih-alih menggunakan port lightning.

Namun, iPad Air 4 bukanlah perangkat Apple pertama yang menggunakan port USB type-C. Pabrikan asal Amerika Serikat itu sebelumnya pernah menggunakan port tersebut pada perangkat tablet iPad Pro.

Sebagai catatan, port lightning merupakan port yang digunakan secara ekslusif oleh perangkat Apple sejak 2012. Port tersebut pertama kali dikenalkan lewat perangkat iPhone 5 dan kemungkinan masih akan dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan.

Ponsel terbaru iPhone yang akan meluncur akhir tahun ini, yaitu iPhone 12 dikabarkan masih akan menggunakan port lightining. Adapun sebelumnya, seluruh perangkat Apple menggunakan port konektor 30-pin sejak 2007.

Penggunaan port lightning yang ekslusif untuk perangkat Apple sempat menuai kontroversi. Awal tahun lalu Apple mendapat desakan untuk menghentikan penggunaan port lightning pada perangkat mereka dari sejumlah negara-negara Uni Eropa.

Negara-negara tersebut memaksa Apple untuk mengganti port lightning menjadi USB Type-C dengan dalih wa penggunaan konektor yang berbeda-beda hanya akan menyebabkan penumpukan sampah elektronik yang tentunya tidak selaras dengan kampanye ramah lingkungan.

Namun, Apple menolak tuntutan tersebut karena dinilai akan menghambat perkembangan teknologi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipad apple
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top