Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Startup Ini Tawarkan Dana Talangan THR Untuk Perusahaan Lain

Gadjian bekerja sama dengan Koinworks, meluncurkan program bantuan bagi perusahaan di Indonesia untuk membayar tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  08:32 WIB
Logo platform manajemen sumber daya manusia Gadjian.  -  dok. Gadjian
Logo platform manajemen sumber daya manusia Gadjian. - dok. Gadjian

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan (startup) di bidang pengelola sumber daya manusia (SDM), yakni Gadjian, menawarkan solusi dana talangan tunjangan hari raya (THR) untuk perusahaan lain. Program ini dilakukan dengan menggandeng platform pendanaan online (P2P) KoinWorks.

CEO Gadjian Afia R Fitriati mengatakan program tersebut ntuk membantu meringankan beban para pelaku usaha yang beritikad baik untuk tetap mencicil atau membayarkan THR 2020 kepada karyawan. Program tersebut diberi nama “Koin Gaji THR 2020”.

Dalam program yang ditawarkan lewat platform Gadjian ini, pelaku usaha bisa mendapatkan dana talangan THR dengan bunga terjangkau yang langsung ditransfer ke rekening karyawan dalam jangka waktu 3 hari. Program ini berlaku untuk pelaku usaha di bidang apapun yang memiliki karyawan minimal 5 orang.

“Isu pembayaran THR di masa pandemi corona ini merupakan isu yang dilematis. Meskipun pemerintah sudah memberikan keringanan pembayaran THR, bisa jadi sebagian karyawan perusahaan tetap menantikan THR untuk dikirim ke orang tua dan keluarga di kampung halaman. Kami berharap program Koin Gaji THR ini bisa menjadi salah satu opsi bagi para pebisnis untuk meringankan dilema pengupahan yang pelik di masa krisis ini,” jelas Afia, seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (11/5/2020).

Dia mengakui, di tengah menurunnya pendapatan sebagian besar perusahaan akibat krisis pandemi Covid-19, pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan menjadi salah satu isu pelik yang dihadapi oleh para pelaku usaha.

Seperti diketahui, pekan lalu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor M/6/HI.00.01/V/2020 mengenai ketentuan THR yang harus dibayarkan sesuai ketentuan perundang-undangan. Namun, Surat Edaran ini membuka kesempatan bagi perusahaan yang tidak mampu membayar THR pada waktu yang ditentukan untuk menunda atau mencicil pembayaran THR tahun 2020 kepada karyawan. 

Sementara itu, program Koin Gaji THR merupakan bagian dari inisiatif #GotongRoyongGadjian yang diluncurkan Gadjian untuk membantu para pelaku usaha Indonesia melalui krisis ekonomi akibat pandemi virus corona.

Adapun, Gadjian adalah aplikasi pengelolaan Sumber Daya Manusia dan penggajian terbaik yang berbasis awan (cloud) bagi perusahaan berkembang dan lean enterprises di Indonesia yang dibangun oleh Fast8 Group atau PT Fatiha Sakti.

Startup ini membantu perusahaan mengurus tugas-tugas administrasi SDM yang rutin dan merepotkan, seperti menghitung penggajian, PPh 21, iuran BPJS Karyawan, dan distribusi gaji.

Gadjian diluncurkan pada 23 Mei 2016 dan saat ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi terkait, termasuk aplikasi absensi Hadirr.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp thr Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top