Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Zoom Akui Tidak Memiliki 300 Juta Pengguna Aktif Harian

Layanan telekonferensi Zoom mengklarifikasi bahwa mereka memiliki 300 juta peserta rapat harian, bukan pengguna aktif harian.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 April 2020  |  19:13 WIB
Zoom (ANTARA / Shutterstock)
Zoom (ANTARA / Shutterstock)

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan telekonferensi Zoom mengakui bahwa pihaknya tidak memiliki 300 juta pengguna aktif harian.

Dikutip melalui The Verge Kamis, (30/4/2020) pengakuan itu terjadi setelah The Verge memperhatikan bahwa Zoom diam-diam telah mengedit unggahannya di blog resminya, yang terkait pengguna aktif yang mereka miliki.

Zoom awalnya menyatakan memiliki lebih dari 300 juta pengguna harian dan orang di seluruh dunia menggunakan Zoom selama pandemi corona ini. Kemudian, Zoom menghapus referensi ini dari unggahan blog asli mereka dari pengguna menjadi peserta.

Adapun perbedaan antara pengguna aktif harian (DAU) dan peserta konferensi atau rapat cukup signifikan. Di mana, peserta rapat harian dapat dihitung beberapa kali. Sementara itu, DAU dihitung sekali per hari, dan biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengukur penggunaan layanan.

Data di blog Zoom tersebut diedit pada 24 April 2020, sehari setelah angka-angka itu menjadi berita utama di seluruh dunia.

Zoom, pun menambahkan catatan ke unggahannya di blognya, dengan mengakui kesalahannya.

“Kami merasa rendah hati dan bangga membantu lebih dari 300 juta peserta konferensi harian tetap terhubung selama pandemi ini. Dalam sebuah unggahan blog pada 22 April lalu, kami secara tidak sengaja menyebut para peserta ini sebagai "pengguna" dan "orang." Ketika kami menyadari kesalahan ini, kami menyesuaikan kata-katanya dengan "peserta." Ini adalah kekhilafan kami,” ungkap Zoom, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (30/4/2020).

Pertumbuhan pengguna Zoom terbilang cukup kencang. Penggunaan zoom telah melonjak dari 10 juta peserta rapat harian pada Desember 2019 menjadi 300 juta pada April.

Pesaing Zoom seperti Microsoft Teams dan Google Meet pun juga mengalami lonjakan yang signifikan, di mana Microsoft mengatakan telah memiliki 75 juta pengguna aktif harian, naik dari 70 persen dalam sebulan. Microsoft juga mencatat 200 juta peserta rapat dalam satu hari bulan ini.

Sementara itu, Google Meet menambahkan sekitar 3 juta pengguna baru setiap hari, dan mencapai lebih dari 100 juta peserta rapat Meet harian baru-baru ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

video Zoom Video Communications
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top