Zoom Akui Tidak Memiliki 300 Juta Pengguna Aktif Harian

Akbar Evandio
Kamis, 30 April 2020 | 19:13 WIB
Zoom (ANTARA - Shutterstock)
Zoom (ANTARA - Shutterstock)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan telekonferensi Zoom mengakui bahwa pihaknya tidak memiliki 300 juta pengguna aktif harian.

Dikutip melalui The Verge Kamis, (30/4/2020) pengakuan itu terjadi setelah The Verge memperhatikan bahwa Zoom diam-diam telah mengedit unggahannya di blog resminya, yang terkait pengguna aktif yang mereka miliki.

Zoom awalnya menyatakan memiliki lebih dari 300 juta pengguna harian dan orang di seluruh dunia menggunakan Zoom selama pandemi corona ini. Kemudian, Zoom menghapus referensi ini dari unggahan blog asli mereka dari pengguna menjadi peserta.

Adapun perbedaan antara pengguna aktif harian (DAU) dan peserta konferensi atau rapat cukup signifikan. Di mana, peserta rapat harian dapat dihitung beberapa kali. Sementara itu, DAU dihitung sekali per hari, dan biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengukur penggunaan layanan.

Data di blog Zoom tersebut diedit pada 24 April 2020, sehari setelah angka-angka itu menjadi berita utama di seluruh dunia.

Zoom, pun menambahkan catatan ke unggahannya di blognya, dengan mengakui kesalahannya.

“Kami merasa rendah hati dan bangga membantu lebih dari 300 juta peserta konferensi harian tetap terhubung selama pandemi ini. Dalam sebuah unggahan blog pada 22 April lalu, kami secara tidak sengaja menyebut para peserta ini sebagai "pengguna" dan "orang." Ketika kami menyadari kesalahan ini, kami menyesuaikan kata-katanya dengan "peserta." Ini adalah kekhilafan kami,” ungkap Zoom, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (30/4/2020).

Pertumbuhan pengguna Zoom terbilang cukup kencang. Penggunaan zoom telah melonjak dari 10 juta peserta rapat harian pada Desember 2019 menjadi 300 juta pada April.

Pesaing Zoom seperti Microsoft Teams dan Google Meet pun juga mengalami lonjakan yang signifikan, di mana Microsoft mengatakan telah memiliki 75 juta pengguna aktif harian, naik dari 70 persen dalam sebulan. Microsoft juga mencatat 200 juta peserta rapat dalam satu hari bulan ini.

Sementara itu, Google Meet menambahkan sekitar 3 juta pengguna baru setiap hari, dan mencapai lebih dari 100 juta peserta rapat Meet harian baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper