Blibli.com Targetkan Penjualan Ramadan Naik Tiga Kali Lipat

Rahmad Fauzan & Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 28 April 2020 | 19:55 WIB
Salah satu #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersedia untuk mengumpulkan beragam sampah plastik dan kardus bekas untuk selanjutnya didaur ulang./Istimewa
Salah satu #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersedia untuk mengumpulkan beragam sampah plastik dan kardus bekas untuk selanjutnya didaur ulang./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Blibli.com meluncurkan sejumlah fitur dan layanan baru guna menggenjot penjualannya, khususnya pada periode Ramadan 2020 yang ditargetkan dapat meningkat tiga kali lipat.

Adapun dua fitur tersebut di antaranya Blibli Hasanah dan Blibli Paylater. Dalam hal ini, fitur Blibli Hasanah akan mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah, termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan umrah, dan busana untuk pria maupun wanita.Sejumlah f

Blibli meluncurkan fitur  ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi milennial, untuk produk-produk amanah.

Sementara itu, perusahaan akan meluncurkan fitur Blibli Paylater di kuartal  II/2020 untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi para pelanggan.

Melalui PayLater, para pelanggan dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga, kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya fitur PayLater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank.

“Pandemi Covid-19 telah memicu perubahan perilaku pada pelanggan, seller, dan pemerintah. Di bulan Ramadan ini, kami bertekad untuk semakin memperkuat kemampuan dalam memenuhi kebutuhan tiga stakeholder tersebut. Supaya, aktivitas ritel dapat terus berputar agar Ramadan tetap menjadi stimulus bagi ekonomi Indonesia,” ujar Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli, Selasa (28/4/2020).

Blibli mengakui bahwa momen Ramadan tahun ini berbeda dengan  Ramadan sebelumnya karena saat ini Indonesia diterjang pandemi Covid-19 yang menekan perekonomian Tanah Air. Blibli pun berusaha membantu seller agar tetap dapat mengakses pasar dan mempertahankan usaha melalui sejumlah program.

Salah satunya mendorong pemberdayaan usaha mikro melaui Blibli Mitra. Dalam hal ini, Blibli mitra adalah sebuah layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung.

Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui Blibli Mitra.

Blibli juga membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum  ternama, diantaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.

Ridwan menambahkan dengan hadirnya berbagai layanan terbaru tersebut, Blibli memprediksikan jumlah order akan bertumbuh 3 kali lipat pada Ramadan tahun ini, sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadan 2019 dan 2018.

Situasi Covid-19 saat Ramadan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

Sementara itu, Fransisca K. Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli menambahkan bahwa target yang ingin dicapai pada Ramadan tahun ini adalah mengakselerasi transformasi digital di mana pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper