Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Raksasa Perusahaan Digital RI Berkolaborasi Bantu Sektor Informal

Tokopedia, OVO, Grab dan BenihBaik berkolaborasi untuk memberikan bantuan bagi para pekerja informal yang terdampak wabah corona.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 17 April 2020  |  20:16 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia, OVO, dan Grab berkolaborasi menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi Covid-19 melalui program 'Patungan Untuk Berbagi THR' yang diselenggarakan untuk kedua kalinya tahun ini.

Melalui program tersebut, pengguna Tokopedia, OVO dan Grab dapat berdonasi secara digital untuk kemudian disalurkan dalam bentuk paket sembako oleh BenihBaik bersama dengan komunitas sosial rekanan seperti Jaringan Gusdurian dan PP Pemuda Muhammadiyah.

Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada puluhan ribu pekerja informal yang berada di Jabodetabek secara minim kontak.

Selain menghimpun dana donasi masyarakat, OVO, Tokopedia dan Grab juga berkomitmen untuk melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul hingga Rp1,5 miliar.

Program sosial berbasis-digital terbesar untuk membantu pekerja sektor informal di Indonesia, melalui donasi minim kontak mulai dari pengumpulan dana, pemesanan barang, hingga pengiriman.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan target tahap pertama program ini adalah 15.000 penerima, untuk kemudian dituntaskan menjadi 100.000 penerima pekerja informal.

Dia menambahkan melalui program ini perusahaan yang terlibat juga akan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya transaksi dan donasi nontunai.

"Dengan menggunakan platform digital, implementasi kampanye ini diharapkan memungkinkan dan memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi, berkontribusi dan berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan," ujar Karaniya, Jumat (17/4/2020).

COO Tokopedia Melissa Siska Juminto menambahkan dalam program Patungan Untuk Berbagi THR, perusahaan-perusahaan yang terlibat mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan

Pendiri BenihBaik.com Andy F. Noya, Andy mengatakan saat ini dana yang telah terkumpul adalah sekitar Rp5,2 miliar. Dana tersebut bakal didonasikan dalam bentuk sembako.

Adapun paket sembako yang akan dibagikan kepada para pekerja informal mencakup beras, gula, minyak goreng, dan biskuit.

Untuk memastikan kontak dan keterlibatan uang tunai secara minimum, pembayaran akan dilakukan menggunakan OVO dan paket Sembako akan dikirimkan oleh layanan kurir instan GrabExpress, langsung ke penerima manfaat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokopedia grab indonesia ovo
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top