Kemenkominfo Gandeng Pengembang Gim untuk Dukung Phisycal Distancing

Rahmad Fauzan
Minggu, 29 Maret 2020 | 19:55 WIB
Ilustrasi pemain gim mobile/Samsung.com
Ilustrasi pemain gim mobile/Samsung.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Clevio Coder Camp, dan Garena dalam menggelar ajang cipta gim bertajuk Ayo Bikin Game di Rumah Aja.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan ajang dengan tema Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru tersebut bertujuan membantu sosialisasi melawan dan meminimalisir pandemi virus corona (Covid-19) melalui video gim.

"Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini," Ujar Semuel dalam keterangan resminya, Minggu (29/3/2020).

Menurut Semuel, kompetisi tersebut juga ditargetkan untuk membentuk komunitas games maker di Indonesia. Dengan demikian generasi muda di Tanah Air diajak untuk membuat gim di rumah masing-masing.

Ajang ini terbagi dalam beberapa kategori, yakni Junior untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan.

Wakil Ketua dari AGI Adam Ardisasmita menambahkan melalui upaya tersebut AGI dan pengembang gim Indonesia lain berkeinginan memberikan kontribusi dalam membantu menjaga Indonesia dengan membuat gim untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona.

"Semua aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan. Hasil game akan dapat membantu sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat guna meminimalisir penyebaran Covid-19," ujar Adam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper