Gojek Rilis Layanan Pesan-Antar Makanan Tanpa Kontak

Gojek melalui Gofood merilis layanan pesan-antar makanan tanpa kontak fisik antara konsumen dan kurir. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi penyebaran virus corona.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  11:53 WIB
Gojek Rilis Layanan Pesan-Antar Makanan Tanpa Kontak
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan layanan pesan-antar makanan Gofood meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).  Inovasi ini berupa tambahan opsi teks pesan cepat[1] pada fitur Chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan-mitra driver.

Layanan baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung himbauan pemerintah bagi masyarakat untuk beraktivitas #dirumahaja dan menerapkan konsep pembatasan sosial (social distancing) di masa pandemi global penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan secara proaktif dan konsisten pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek, termasuk layanan GoFood melalui langkah proaktif meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19). 

"Opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung ini menjadi salah satu solusi cepat yang kami kembangkan untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang,dan nyaman,” jelasnya Kamis (19/3/2020).

Terdapat tiga langkah mudah bagi pelanggan GoFood agar dapat memilih pengantaran makanan tanpa kontak langsung melalui opsi teks pesan cepat di fitur chat.

Pertama, sebelum menekan tombol pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.

Kedua, setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur Chat dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi sama driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan seperti “Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai atau Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai.” "Bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati," terangnya.

GoFood menambah dua opsi teks pesan cepat untuk memudahkan pelanggan dan driver menerapkan social distancing ketika memesan GoFood.

Lebih jauh, GoFood juga meningkatkan keamanan dengan menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yaitu karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan.

Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan menjaga agar makanan tetap higienis hingga di tangan pelanggan.

Keselamatan dan kesehatan seluruh ekosistem Gojek adalah prioritas utama terangnya. Pihaknya, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mitra driver dan merchant yang tetap sigap dalam membantu masyarakat Indonesia agar dapat beraktivitas normal di tengah situasi pandemik seperti ini.

"Kami akan terus berupaya membuat inisiatif dan inovasi baru untuk dapat berkontribusi terkait pengurangan risiko penyebaran virus Corona (COVID-19) seperti saat ini,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp, Virus Corona, Gojek

Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top