Cegah Sebaran Corona, Ini Langkah Antisipatif Telkomsel dan XL

Sejumlah operator telekomunikasi mengaku telah melakukan sosialisasi intensif kepada seluruh karyawan terkait sejak awal tahun dan menerapkan kebijakan internal, termasuk kerja remote.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 15 Maret 2020  |  21:22 WIB
Cegah Sebaran Corona, Ini Langkah Antisipatif Telkomsel dan XL
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan operator seluler menegaskan telah melakukan berbagai langkah antisipataif sejak Januari 2020 terkait dengan merebaknya wabah virus corona (COVID - 19).

Direktur Utama PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Setyanto Hantoro  menjelaskan pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara intensif kepada seluruh karyawan terkait pencegahan penularan virus corona sejak awal tahun. Sosialisasi itu disusul sejumlah kebijakan internal, meliputi penyediaan sarana kesehatan, penyemprotan disinfektan di ruang kerja, dan perlengkapan verifikasi, prosedur kunjungan tamu, hingga kebijakan tugas dinas karyawan.

Selanjutnya, Telkomsel mengeluarkan kebijakan untuk proses kerja karyawan secara remote untuk membagi konsentrasi berkumpulnya karyawan dengan pembagian lokasi bekerja di beberapa kantor cabang, termasuk potensi untuk bekerja dari rumah.

"Kebijakan ini diberlakukan dengan tetap memastikan layanan untuk pelanggan tetap terjaga sesuai prosedur standar yang berlaku," kata Setyanto dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Minggu (15/3/2020).

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka pencegahan penyebaran wabah virus corona. Setyanto mengatakan kolaborasi dilakukan dengan menghadirkan perangkat Contact Line CloudX yang berfungsi mendukung keperluan komunikasi di pusat posko Tanggap COVID - 19 di DKI Jakarta.

Solusi layanan berbasis teknologi komputasi awan tersebut diharapkan mempermudah koordinasi para petugas dan mengefisienkan proses penyebaran informasi terkait antisipasi dan penanganan COVID-19.

"Sinergi dan kolaborasi akan terus ditingkatkan. Telkomsel juga secara proaktif membantu pemerintah dalam menyosialisasikan dan mengomunikasikan waspada COVID-19 dalam bentuk edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui berbagai media informasi dan komunikasi yang Telkomsel miliki," ujar Setyanto.

Operator lain, PT XL Axiata Tbk. juga memperketat lingkungan kerja guna mencegah penyebaran virus corona. Sejumlah prosedur pengamanan telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2020 dan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya resiko penyebaran virus berdasarkan perkembangan data kasus baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Langkah pengamanan yang ditempuh XL Axiata dikatakan juga tidak terlepas dari upaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan saat ini dan di masa mendatang.

Direktur Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan sejumlah Standard Operation Procedure (SOP) untuk pengamanan lingkungan kantor dan juga karyawan telah kami buat dan jalankan secara disiplin.

"Dasarnya sangat jelas, bahwa kami melaksanakan ini demi menjaga keberlangsungan bisnis XL Axiata. Untuk itu, lingkungan kerja harus steril, demikian juga dengan para karyawan kami," ujar Yessi.

Perusahaan, lanjutnya, melakukan pembatasan untuk kunjungan tamu ke dalam semua kantor XL Axiata, baik di pusat maupun di luar daerah. Selain itu, pembatasan hingga larangan diberlakukan untuk kunjungan anggota manajemen dan karyawan ke negara-negara yang telah terpapar virus corona.

Yessie menambahkan, pembatasan tersebut bukan hal yang mudah bagi XL Axiata sebagai perusahaan berbasis teknologi. Pasalnya, pihak perusahaan memiliki tidak sedikit rekanan dari berbagai negara guna mendukung operasional bisnis perusahaan.

"Pada saat kondisi normal, setiap hari bisa terjadi puluhan pertemuan kerja dengan para vendor di kantor XL Axiata. Namun, SOP harus dijalankan dengan disiplin dan berbagai solusi diterapkan guna mengatasi situasi dan kondisi yang ada saat ini. Salah satu alternatifnya dengan mengoptimalkan penggunaan fasilitas video conference," sambungnya.

Selain itu, XL Axiata juga melakukan sterilisasi tempat kerja, baik di kantor pusat Jakarta, maupun kantor di daerah, termasuk gerai-gerai layanan pelanggan XL Center dan Xplor, berupa pengembunan semua ruangan untuk membunuh kuman.

Beberapa keperluan terkait lain seperti hand sanitizer, masker, dan dokter disediakan oleh perusahaan untuk berjaga setiap hari sepanjang jam kerja di XL Axiata Tower.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, telkomsel, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top