Tingkat Keberhasilan P2P Lending Masih Tahap Wajar

Kepercayaan dari para pemberi pinjaman kepada perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) peer-to-peer lending masih tinggi, kendati penurunan tingkat penyaluran pinjaman (TKB90) pada tahun lalu mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  19:15 WIB
Tingkat Keberhasilan P2P Lending Masih Tahap Wajar
Financial Technology (Fintech) - channelasia

Bisnis.com, JAKARTA - Penurunan tingkat keberhasilan penyaluran pinjaman (TKB90) perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) peer-to-peer lending pada 2019 dibandingkan tahun sebelumnya dinilai masih berada di tahap wajar.

Adapun, berdasarkan data statistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 31 Januari 2020 tingkat keberhasilan pinjaman fintech lending di Indonesia mengalami penurunan sebesar -2,23% secara year-to-date (ytd) per desember 2019. 

Kendati demikian, Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Tumbur Pardede mengklaim kondisi itu tidak akan mengurangi tingkat kepercayaan calon pemberi penjaman (lender) untuk mengucurkan dana. Dia bahkan menargetkan total dana yang disalurkan kepada platform P2P lending akan meningkat di kisaran 200% pada tahun ini.

"Dengan masih tingginya angka akumulasi jumlah pinjaman yang disalurkan fintech lending di Indonesia yang secara agregat naik sebesar 259,56 persen, dari Rp22,6 triliun menjadi Rp81,5  triliun pada tahun lalu, maka penurunan tingkat keberhasilan pinjaman diyakini tidak memengaruhi kepercayaan pemberi pinjaman," ujar Tumbur kepada Bisnis, Selasa (18/2/2020).

Adapun, turunnya tingkat keberhasilan pinjaman tahun lalu dianggap merupakan konsekuensi dari upaya penetrasi ke daerah-daerah yang tengah gencar dilakukan oleh platform P2P lending. Menurutnya, para pelaku usaha fintech saat ini sedang menyasar pasar baru di luar Pulau Jawa dengan sasaran utamanya adalah pinjaman bersifat konsumtif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ojk, fintech

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top