Instagram Hapus Fitur 'Mengikuti'

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 8 Oktober 2019 | 08:22 WIB
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengguna Instagram kini tidak lagi memiliki tempat khusus untuk melihat apa yang disukai teman, keluarga, musuh, hingga bahkan akun favorit mereka secara real-time, karena aplikasi tersebut secara resmi akan menghapus tab aktivitas 'mengikuti' minggu ini. 

Fitur yang saat ini berbentuk ikon hati, berada tepat berada di samping daftar aktivitas 'Anda' di Instagram, umumnya akan menampilkan pembaharuan dari akun yang Anda ikuti.

Dikutip dari Hypebeast, ke depannya hanya aktivitas pribadi 'Anda' yang akan ditampilkan dalam tab ikon berbentuk hati tersebut. 

Fitur 'mengikuti' adalah salah satu fitur pertama yang diperkenalkan oleh Instagram pada tahun 2011. Meski sudah lama diluncurkan, pihak Instagram mendapati banyak orang yang akhirnya beralih ke tab 'jelajahi' yang lebih baru, untuk menemukan akun baru untuk diikuti dan berinteraksi.

Saat ini, tab 'mengikuti' paling dikenal sebagai cara termudah untuk melacak aktivitas orang yang kita ikuti, baik aktivitasnya menyukai atau mengomentari unggahan tertentu. Pihak Instagram melihat hal ini lebih banyak menghasilkan konflik dalam banyak hubungan.

Bersamaan dengan itu, Vice President of product Instagram, Vishal Shah mengonfirmasi hal ini dalam laporan awal kepada BuzzFeed News, alasan untuk menghilangkan fitur tersebut adalah karena banyak orang yang tidak menyadari adanya fitur tersebut. 

“Orang-orang tidak banyak yang tahu aktivitas mereka bisa dilacak orang lain. Jadi, fitur ini tampaknya tidak sesuai dengan kegunaannya. Orang-orang juga kadang terkejut saat aktivitas mereka terpantau orang lain," jelas Vishal.

Instagram mulai menguji versi aplikasi tanpa fitur 'mengikuti' pada bulan Agustus lalu, namun pastinya pengguna tidak akan dapat melihat fitur tersebut lagi pada minggu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper