Mulai Februari 2020, Android dan iOS Versi Ini Tak Bisa Lagi Gunakan Whatsapp

Aplikasi pesan WhatsApp mengumumkan bahwa semua ponsel Android yang berjalan di sistem operasi Android 2.3.7 dan iPhone yang berjalan di iOS 7 tidak dapat menjalankan WhatsApp mulai 1 Februari 2020 mendatang.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 30 September 2019  |  07:57 WIB
Mulai Februari 2020, Android dan iOS Versi Ini Tak Bisa Lagi Gunakan Whatsapp
Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi pesan WhatsApp mengumumkan bahwa semua ponsel Android yang berjalan di sistem operasi Android 2.3.7 atau Gingerbread dan iPhone yang berjalan di iOS 7 tidak dapat menjalankan WhatsApp mulai 1 Februari 2020 mendatang.

Dilansir dari Businessleague, WhatsApp mengumumkan dalam laman tanya jawab (FAQ) memutuskan untuk mengakhiri dukungan untuk smartphone yang berjalan pada kedua versi Android dan iOS tersebut karena tidak berencana melanjutkan pengembangan.

WhatsApp mengatakan bahwa untuk beberapa sistem operasi dengan versi yang lebih lama, pengguna tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Halaman FAQ WhatsApp telah mencantumkan ponsel dan sistem operasi yang tidak dapat menggunakan aplikasi setelah Februari 2020.

Namun, WhatsApp mengatakan bahwa keputusannya untuk mengakhiri dukungan aplikasi untuk versi lama Android dan iOs ini tidak akan mempengaruhi banyak pengguna dan hanya orang-orang yang masih menggunakan ponsel Android dan iPhone lama yang akan terpengaruh.

Menurut tweet yang diposting oleh WABetainfo, WhatsApp juga tidak lagi mendukung perangkat yang berjalan di iOS8 atau lebih rendah. Pengguna masih dapat menggunakan WhatsApp di iOS 8 tetapi tidak dapat memverifikasi akun jika mereka menginstalnya kembali.

WhatsApp telah menambahkan fitur-fitur baru secara teratur dan beberapa dari fitur ini memerlukan ponsel yang kuat dan versi Android dan iOS yang lebih baru untuk berfungsi dengan baik. Fitur-fitur seperti pemutaran video langsung, otentikasi sidik jari menggunakan sumber daya yang berat dan membutuhkan ponsel yang kuat dengan RAM yang cukup serta sistem operasi yang lebih baru.

WhatsApp mengatakan bahwa beberapa ponsel tidak akan dapat mendukung fitur yang rencananya akan mereka bawa di masa depan dan itulah yang menjadi alasan mereka mengakhiri dukungan untuk sistem operasi lama.

“Kami tidak akan lagi aktif mengembangkan sistem operasi ini; beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja. Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, kami sarankan untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru,” kata WhatsApp di halaman dukungannya, seperti dikutip Businessleague.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
whatsapp

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top