5 Kota di Jerman Terakses Layanan 5G

Dionisio Damara
Sabtu, 7 September 2019 | 07:22 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Deutsche Telekom, perusahaan telekomunikasi asal Jerman, telah mengaktifan jaringan 5G di lima kota di Jerman yakni Berlin, Munich, Cologne, Bonn, dan Darmstadt.

Dilansir dari Reuters, di 5 kota tersebut, layanan 5G lokal dengan bandwidth 1 gigabit per detik mampu mengunduh film ke dalam smartphone hanya dalam beberapa detik.

Pengumuman itu disampaikan Deutsche Telekom dalam pembukaan pameran IFA Consumer Electronic Unlimited di Berlin, Jerman, waktu setempat. .

Kepala Teknologi Deutsche Telekom Walter Goldenits mengatakan bahwa kota Hamburg dan Leipzig akan menyusul pada akhir tahun, sedangkan 20 kota lainnya akan terpasang layanan 5G pada 2020.

"Kami membawa koneksi 5G ke tiap sudut jalan dan berorientasi pada kebutuhan pelanggan kami. Kami juga menjangkau tempat dengan permintaan data yang besar," kata Walter, dikutip Bisnis pada Kamis (5/9/2019).

Di sisi lain, Vodafone, juga mengumumkan peluncuran layanan 5G di Jerman. Perusahaan multinasional telekomunikasi asal Inggris tersebut menantang Deutsche Telekom dan siap bersaing dalam pertarungan harga.

Pameran elektronik IFA dihelat karena pemasok dan produsen ponsel pintar berharap layanan 5G bakal memberi mereka dorongan dalam menghadapi penurunan penjualan. Hal itu disebabkan lantaran menguatnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China pada tahun ini. 

Dalam pameran tersebut, produsen lain seperti Huawei dan Qualcomm turut memamerkan produk 5G mereka. Sementara Samsung menawarkan tampilan smartphone lipat baru seharga US$2.000, Galaxy Fold, yang mulai dijual di Korea Selatan pada hari Jumat (6/9).

Sementara itu, Deutsche Telekom memasarkan Samsung Galaxy 5G dan Galaxy Note 10 + 5G untuk pengguna awal, sedangkan Huawei memasarkan Huawei Mate 20 X 5G dan HTC 5G Hub untuk internet rumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper