INOVASI TEKNOLOGI: Anti Gerah dengan Sandang Berpendingin

Anda sering mengeluh kepanasan karena terik matahari ketika berjalan di luar ruangan? Di negara tropis seperti Indonesia, banyak orang yang lebih suka berkegiatan di ruangan ber-AC daripada di tempat terbuka.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  16:37 WIB
INOVASI TEKNOLOGI: Anti Gerah dengan Sandang Berpendingin
Reon Pocket - Sony

Bisnis.com, JAKARTA -- Anda sering mengeluh kepanasan karena terik matahari ketika berjalan di luar ruangan? Di negara tropis seperti Indonesia, banyak orang yang lebih suka berkegiatan di ruangan ber-AC daripada di tempat terbuka.

Di negara empat musim, masa-masa pada musim panas bisa jadi menyenangkan buat sebagian orang, tetapi terlalu terik buat orang-orang lain.

Menurut Sony, solusi buat orang-orang yang adalah Reon Pocket, pendingin yang disisipkan ke dalam pakaian (dalam hal ini baju kaos dalam yang didesain khusus untuk peranti pendingin tersebut).

Daya untuk Reon Pocket dipasok oleh baterai, dan pemakainya bisa mengendalikannya menggunakan ponsel, melalui koneksi nirkabel Bluetooth Low Energy (LE). Menurut situs resminya, Reon Pocket akan mendukung baik ponsel Android maupun iOS.

Baterai Reon Pocket ini bisa memasok daya selama 90 menit, dan bisa diisi dalam waktu 2 jam. Tentunya ini tidak cukup bila Anda ingin menggunakannya untuk berkegiatan seharian di tempat terbuka.

Maka dari itu, Reon Pocket lebih cocok untuk digunakan misalnya ketika bepergian dari rumah ke kantor menggunakan transportasi umum, atau ketika bergerak dari satu mal ke mal lain sambil berjalan kaki melalui trotoar di luar ruangan.

Pendingin sandangan ini bekerja memanfaatkan efek Peltier, yaitu pendinginan atau pemanasan yang terjadi pada pertemuan dua jenis penghantar listrik berbeda ketika dialiri listrik.

Menggunakan fenomena fisika ini, Reon Pocket bisa menurunkan suhu permukaan tubuh manusia dari 36 derajat Celcius menjadi 23 derajat Celcius.

Penurunan suhu bisa diatur manual atau dibiarkan otomatis karena Reon Pocket juga bisa berfungsi menaikkan suhu permukaan tubuh, bila diinginkan, peranti ini juga bisa digunakan sebagai pemanas tubuh pada musim dingin.

Bila Anda tertarik untuk mencoba pendingin sandangan ini, Anda harus bersabar. Pasalnya, Sony pada saat ini baru berencana untuk merilis produknya ini di negara asalnya, Jepang.

Peranti ini diharapkan akan menarik perhatian warga negeri matahari terbit tersebut yang sering menghadapi suhu tinggi di musim panas.

Selain itu, Sony juga baru menjajaki minat akan produk ini lewat program urun dana. Bila ternyata cukup banyak peminat terhadap Reon Pocket ini, model awal diharapkan bisa dikirim ke pemesan pertama pada bulan Maret 2020 depan.

Pada saat ini Reon Pocket baru tersedia untuk ukuran laki-laki, baik ukuran kecil (S), sedang (M), atau besar (L). Reon Pocket tersedia dengan harga mulai dari 14.080 yen (sekitar Rp1,8 juta).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi teknologi

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top