Tokopedia Ekspansi ke Bisnis Logistik dan Agribisnis

Salah satu unicorn e-commerce asal Indonesia, Tokopedia, dikabarkan tengah berinvestasi dalam dua perusahaan logistik untuk mendorong kecepatan pengiriman dan efisiensi ongkos pengiriman di Tanah Air.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 27 Juli 2019  |  13:40 WIB
Tokopedia Ekspansi ke Bisnis Logistik dan Agribisnis
Karyawan beraktivitas di kantor Tokopedia, Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA—Salah satu unicorn e-commerce asal Indonesia, Tokopedia, dikabarkan tengah berinvestasi dalam dua perusahaan logistik untuk mendorong kecepatan pengiriman dan efisiensi ongkos pengiriman di Tanah Air.

Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya menambahkan, pihaknya juga tengah terlibat dalam diskusi akhir untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan di bidang agribisnis yang bekerja langsung dengan petani.

“Nantinya pelanggan Tokopedia akan mampu membeli produk langsung dari petani dan nelayan,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/7).

Lebih lanjut dia berharap aksi perusahaannya berinvestasi dalam perusahaan logistik dapat memangkas biaya logistik bagi mitra dagangnya, dan juga meningkatkan proporsi pengiriman paket Tokopedia  pada hari yang sama menjadi 95%, dari posisi saat ini 65% dari total pengiriman.

Didukung dengan investor kakap seperti dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba, Tokopedia berambisi menghadirkan ekosistem super, dengan cakupan layanan yang luas, termasuk pembiayaan dan sistem pebayaran baik bagi pelanggan maupun mitra dagang.

Sebelumnya, Tokopedia  mengkonfirmasi telah mengakuisisi penuh perusahaan penyedia direktori vendor pernikahan Bridestory dan portal aktivitas orangtua-anak Parentstory.  Selain kedua perusahaan rintisan tersebut, beberapa perusahaan rintisan yang dikabarkan akan bergabung ke dalam ekosistem Tokopedia di antaranya Sayurbox, Laku6, dan AnterAja.

Namun mengenai kabar akuisisi terhadap tiga perusahaan rintisan lainnya, William tidak memberikan konfirmasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tokopedia

Sumber : Reuters

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top