Telkomsel Masih Paling Cepat, XL dan Indosat Tambah Ngebut

Berdasarkan hasil penilitian di 16 kota terbesar di Indonesia, rata-rata kecepatan unduh di jaringan Telkomsel sebesar 9,8 Mbps.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Juli 2019  |  09:42 WIB
Telkomsel Masih Paling Cepat, XL dan Indosat Tambah Ngebut
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di atas tower yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mempertahankan dominasinya dengan memenangkan empat dari lima metrik dalam analisis jaringan seluler yang digelar oleh Opensignal. Sementara itu, PT Smartfren Telecom Tbk menjadi operator dengan ketersediaan 4G paling tinggi.

Adapun operator lainnya, yaitu Tri Indonesia, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata, tidak mendapatkan penghargaan apa pun di tingkat nasional, meski demikian berdasarkan pantauan Opensignal pertumbuhan dari sebagian mereka dalam metrik kecepatan, berpeluang untuk mengejar ketertinggalan dari Telkomsel.

Hardik Khatiri, Analis Opensignal mengatakan Telkomsel memenangkan penghargaan untuk Pengalaman Kecepatan Pengunduhan dan Pengunggahan.

Berdasarkan hasil penilitian di 16 kota terbesar di Indonesia, rata-rata kecepatan unduh Telkomsel sebesar 9,8 Mbps. Angka tersebut lebih tinggi dari XL Axiata dan Tri Indonesia yang memiliki kecepatan unduh 7,4 Mbps dan 5,2 Mbps. Adapunm kecepatan unduh Indosat Ooredoo dan Smartfren berada pada urutan ke 4 dan 5 yaitu 4,8 Mbps dan 4,5 Mbps.

“Faktanya, Telkomsel memenangkan setiap penghargaan Pengalaman Kecepatan Pengunduhan kami di 16 kota terbesar di Indonesia,” kata Hardik dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (3/7/2019).

Adapun untuk Pengalaman Kecepatan Unggah, Telkomsel tercatat sebesaar 3,7 Mbps, diikuti dengan XL Axiata sebesar 3,4 Mbps dan Tri Indonesia sebesar 3,1 Mbps.

Sementara itu, Indosat Ooredoo dan Smartfren kembali mengantongi predikat terbawah untuk Pengalaman Kecepatan Unggah masing–masing sebesar 2,5 Mbps dan 1,2 Mbps.

Opensignal telah menganalisis pengalaman seluler selama 90 hari, mulai 1 Februari—1 Mei 2019, baik di tingkat nasional maupun regional, untuk menilik kinerja kelima operator utama di Indonesia. Penelitian Opensignal melibatkan 3,3 juta perangkat, dengan total pengukuran sebanyak 4,5 miliar kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seluler

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top