XL Axiata Optimalkan Serat Optik 5G untuk XL Home

Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan, XL Axiata terus membangun kabel serat optik untuk menyambut 5G.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  03:01 WIB
XL Axiata Optimalkan Serat Optik 5G untuk XL Home
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman

Bisnis.com, JAKARTA - Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan, XL Axiata terus membangun kabel serat optik untuk menyambut 5G. 

Pada tahun ini, sambungnya, XL Axiata berencana menambah sepanjang 2.5000 fiber optik lagi.

Adapun sambil menunggu regulasi mengenai 5G dikeluarkan oleh Kemenkominfo, kata Ayu, pihaknya memanfaatkan kabel serat optik yang ada untuk XL Home.

“Fiberisasi dibangun hingga ke luar Jawa, saat ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas & jangkauan 4G, dan penggelaran layanan XL Home. Ke depannya adalah sebagai persiapan dini menuju 5G,” kata Ayu kepada Bisnis, Rabu (19/6/2019).

Ayu menambahkan pembangunan serat optik tersebut telah dilakukan perseroan sejak kuartal I/2019 lalu. 

Sebelumnya, Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ericcson ConsumerLab pada 2019 terhadap 1.500 pelanggannya di Indonesia, mewakili 41 juta opini pengguna ponsel pintar, diketahui para pelanggan berharap 5G dapat tersedia di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun dari sekarang.

Kemudian 44% pengguna ponsel pintar mengungkapkan kecepatanmobile broadband saat ini belum cukup kencang.

Di samping itu, lebih dari 50% pengguna ponsel pintar mengaku akan beralih operator jika dalam enam bulan provider yang mereka gunakan saat ini tidak menyediakan layanan 5G.

Secara kasar, 50% dari total keseluruhan pengguna ponsel pintar dan 6 dari 10 yang berdomisili di Jakarta menghadapi permasalahan jaringan di wilayah padat penduduk dan berharap 5G dapat hadir di wilayah-wilayah tersebut.

Kemudian 20% responden memprediksi jika 5G hadir, akan terjadi kenaikan penggunaan data sebesar 10 kali lipat menjadi sekitar 110GB per bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, teknologi 5G

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top