Apple Bakal Caplok Startup Drive.ai

Perusahaan raksasa teknologi Apple Inc. sedang bersiap-siap mengakuisisi perusahaan startup Drive.ai untuk membawa lebih banyak insinyur kendaraan otonom dalam pembuatan iPhone di masa mendatang.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  13:20 WIB
Apple Bakal Caplok Startup Drive.ai
Ilustrasi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan raksasa teknologi Apple Inc. sedang bersiap-siap mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) Drive.ai untuk membawa lebih banyak insinyur kendaraan otonom dalam pembuatan iPhone pada masa mendatang.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (8/6/2019) Drive.ai sendiri telah mengumpulkan dana sekitar US$77 juta sejak pertama kali didirikan pada 2015 lalu. Adapun, menurut data Pitchbook, perusahaan rintisan itu memiliki valuasi mencapai US$200 juta pada 2017.

Berdasarkan sumber Bloomberg, rencana akuisisi Apple atas Drive.ai dimaksudkan untuk mengambil talenta yang dimiliki, bukan untuk menggunakan kekayaan intelektual dari perusahaan rintisan yang akan dibelinya.

Tampaknya, hanya akan ada beberapa talenta spesialis yang dibawa oleh Apple dari Drive.ai mengembangkan bisnisnya. Pasalnya, teknologi kendaraan otonom milik Apple sendiri memang sudah jauh berada di depan Drive.ai

“Kami percaya potensi harga akuisisi akan berada di bawah US$200 juta,” kata Gene Munster, Analyst Apple dari Loup Venture.

Apple sendiri telah bekerja dalam pengembangkan teknologi pengemudi otonom atau tanpa awak dalam beberapa tahun belakangan. Proyek ini mengalami pasang surut. Perusahaan telah memangkan sekitar 200 pekerja belum lama ini. Oleh sebab itu, diperlukan talenta lain yang kompeten.

“Ambisi utama Apple dalam bidang ini terletak pada penerapan sistem yang luas dan layanan terkait. Potensi akusisi mereka terhadap Drive.ai akan membawa bakat baru untuk membantu upaya ini,” kata Munster.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top