Ini Alasan Aturan Perlindungan Data Pribadi Komprehensif Diperlukan

Deputi Direktur Riset Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Wahyudi Djafar, mengatakan RUU Perlindungan Data Pribadi harus segera diselesaikan karena aturan perlindungan data yang komprehensif sangat diperlukan saat ini
Rahmad Fauzan | 16 Mei 2019 23:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Deputi Direktur Riset Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Wahyudi Djafar, mengatakan RUU Perlindungan Data Pribadi harus segera diselesaikan karena aturan perlindungan data yang komprehensif sangat diperlukan saat ini.

"Aturan perlindungan data pribadi yang komprehensif ini akan menjadi langkah penting untuk menyudahi maraknya penyalahgunaan data pribadi," ujar Wahyudi dalam Konferensi Pers Koalisi Advokasi RUU Perlindungan Data Pribadi di Jakarta, Rabu (15/5).

Selain itu, kebutuhan untuk mempercepat proses pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi dipicu oleh sejumlah faktor, pertama, keharusan untuk memiliki aturan perlindungan data pribadi yang setara dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara yang sudah terlebih dulu mengesahkan aturan tersebut, a.l Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, dan Thailand.

Kedua, munculnya dugaan eksploitasi data pribadi, baik dalam konteks bisnis maupun sejumlah insiden kebocoran pengguna lainnya.

Ketiga, keterlibatan Indonesia dalam sejumlah perjanjian dagang, baik preferential trading area (PTA), regional comprehensive economic Partnership(RCEP), maupun comprehensive economic partnership agreement (CEPA) yang mulai membicarakan sektor dagang-el, turut memaksa pemerintah untuk memperbaiki aturan perlindungan data.

Keempat, mulai mengikatnya General DataProtection Regulation (GDPR) Uni Eropa pada 25 Mei 2018 yang berdampak besar bagi perusahaan-perusahaan Indonesia di berbagai sektor, termasuk transportasi, dagang-el, perhotelan, dan sektor-sektor lainnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perlindungan data pribadi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup