Rayuan Erajaya untuk Calon Pembeli Smartphone yang Bimbang

Dalam 14 hari, bisa ada 3—5 produk smartphone baru yang diluncurkan oleh berbagai vendor.
Rahmad Fauzan | 13 Mei 2019 10:11 WIB
Dari kiri ke kanan, Head of Marketing XL Prioritas PT XL Axiata Tbk. Aprilia Madonna, pengulas gawai Droidlime, Corporate Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia Elvira Jakub, Director of Marketing & Communications PT Erajaya Swasembada Tbk. Djatmiko Wardoyo, dan Senior Industry Analyst Tech & Telco Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho pada Rabu (8/5 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA —  Peritel, vendor, dan operator menawarkan beragam program promosi untuk membantu konsumen yang kebingungan dengan banyaknya varian ponsel pintar di pasaran.

Marketing & Communications Director PT Erajaya Swasembada Tbk. Djatmiko Wardoyo mengatakan bahwa variasi pilihan ponsel pintar di pasar membuat konsumen makin kesulitan dalam memilih produk.

"Karena dalam 14 hari, bisa jadi sudah ada 3—5 produk baru yang diluncurkan," ujar Djatmiko.

Corporate Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia Elvira Jakub menilai, merek smartphone baru yang makin banyak bermunculan memberikan konsumen lebih banyak pilihan alih-alih membuat mereka bingung.

Pilihan yang paling banyak tersedia di kategori harga menengah hingga murah. Di kelas premium, konsumen cenderung tidak menemukan banyak pilihan.

"Konsumen terbagi menjadi berbagai segmen. Jadi, tidak bisa digeneralisir," imbuh Elvira.

Djatmiko mengatakan kebingungan konsumen karena variasi produk di pasar berpotensi membuat mereka calon pembeli tidak jadi berbelanja.

Pihak peritel pun mengambil langkah cepat untuk mengatasi hal tersebut. Djatmiko mengatakan pihak peritel menyematkan program promosi dengan produk yang dijual untuk mendorong konsumen merealisasikan rencana pembelian.

"Misalnya, dengan operator kami kerja sama memberikan paket bundling yang bagus. Jadi, enggak ada waktu untuk berpikir lagi," ujar Djatmiko.

Lebih lanjut, Djatmiko mengatakan pembelian ponsel pintar menjadi lebih mudah karena konsumen tidak lagi harus mengeluarkan uang tunai karena ada beragam fasilitas kredit dan pembiayaan. Selain itu, konsumen yang melakukan pembelian menggunakan kartu kredit pun dapat memanfaatkan layanan kredit bersubsidi melalui program cicilan hingga 24 bulan.

Pertempuran paling sengit, lanjut Djatmiko, justru terjadi di antara para vendor. Pemain baru terus bermunculan di pasar Indonesia yang tidak mempunyai vendor dominan. Merek-merek yang baru masuk pasar menawarkanbaragam  hal yang sifatnya menggoda seperti harga yang terjangkau, diskon beragam, bundling operator, serta kemudahan dalam membeli.

Tidak hanya pihak peritel dan vendor, pihak operator pun turut ambil bagian dalam menawarkan kemudahan-kemudahan kepada pembeli,mulai dari bundling, penawaran merchandise, sampai dengan layanan menyediakan kuota data untuk beberapa aplikasi secara gratis dalam jangka waktu tertentu.

Head of Marketing XL Prioritas PT XL Axiata Tbk. Aprilia Madonna menilai berbagai macam penawaran yang diberikan oleh operator membuat pembeli ebih mudah untuk menentukan pilihan. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartphone, erajaya swasembada

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup