Indosat Tawarkan Managed SD-WAN untuk Pelanggan Korporasi

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 9 Mei 2019 | 11:53 WIB
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Indosat Ooredoo Business meluncurkan layanan Managed SD-WAN yang dapat dimanfaatkan pelanggan korporasi dalam mengoptimalisasi jaringan, meningkatkan kinerja aplikasi, dan efisiensi biaya operasional. Peluncuran layanan ini sekaligus untuk melengkapi portofolio jasa layanan korporasi Indosat.  

SD-WAN merupakan bentuk aplikasi spesifik dari teknologi software-defined networking (SDN) yang diaplikasian pada koneksi WAN (wide area network), yaitu koneksi yang menghubungkan jaringan perusahaan termasuk kantor-kantor cabang dan pangkalan data di area yang luas.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Intan Abdams Katoppo mengatakan dengan layanan ini PT Indosat Tbk. memperkuat posisi sebagai prefensi utama korporasi pada solusi end-to-end. Di samping itu, sambungnya, adanya aplikasinya ini juga melengkapi jasa managed service yang disediakan perusahaan.

“Kami berharap layanan managed service yang kini sudah dilengkapi dengan Managed SD-WAN dapat membantu korporasi pada operasional jaringan dengan biaya yang lebih efisien sehingga bisa lebih fokus pada transformasi bisnis,” ujar Intan kepada dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (8/5/2019).

Intan menjelaskan secara bisnis, SD-WAN dapat membantu meringankan biaya operasional, dengan pilihan link yang fleksibel (MPLS dan Internet Access), penggabungan link (link aggregration), dan dukungan pembagian beban link (load balancing support) sehingga perusahaan tidak lagi menggunakan MPLS untuk backup link.

Selain itu, lanjutnya, SD-WAN juga mampu mengeliminasi kompleksitas, dengan zero touch provisioning yang dapat mengatasi risiko kesalahan manusia.

Produk yang ditawarkan oleh Indosat Ooredoo Business adalah Advanced SD-WAN yang juga dilengkapi oleh fitur NGFW yakni firewall generasi ke-3 yang mengkombinasikan firewall tradisiona dan fungsi security lainnya, fitur Intrusion Prevention System yang dapat mendeteksi ancaman dengan respons cepat, dan fitur Antivus/Anti-Spam yang dapat mengurangi resiko potensi terserang virus dan malware.

“Managed SD-WAN juga dapat mengurangi biaya bandwidth per Mbps sampai dengan 80%, meningkatkan performansi Office 365 sampai dengan 5 kali dan peningkatan waktu control terhadap perubahan policy pada multi-branch site sampai dengan 12 kali.” ucap Intan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper