Tingkatkan Layanan Mudik, Tri Atur Beban Trafik Jaringan

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 8 Mei 2019 | 03:30 WIB
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri./dok. Tri Indonesia
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri./dok. Tri Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan Tri Indonesia dapat menikmati konektifitas internet selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

Tri Indonesia telah mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sejak awal tahun Sebagai bagian dari ekspansi agresif, Tri Indonesia membangun 8.000 sites 4G pada 2019.

Kemudian lebih dari 50% dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140%.

Lebih lanjut untuk mendukung perjalanan mudik jalur darat, Tri Indonesia telah menyiapkan jaringan di sepanjang jalan tol Merak – Probolinggo dan meningkatkan kapasitasnya dengan penambahan sejumlah mobile BTS. 

Tri juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri Indonesia tidak terpusat, 

Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia, mengatakan dengan diberlakukannya sistem tersebut memudahkan bagi perseroan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. 

“Disampingn Pelanggan Tri Indonesia dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi  instant messaging dengan lebih cepat, “ ujar Desmond di Jakarta, Selasa (7/5/2019).   

Desmond mengatakan perseroan telah berinvestasi jutaan dolar untuk sebuah sistem Customer Experience Management yang mutakhir untuk meningkatkan kualitas layanan data.

Pelanggan 3 yang mayoritas adalah anak muda, sambungya,  aktif menggunakan internet untuk streaming video, musik, game online dan sosial media saat malam hari dan pagi hari saat sahur, juga saat menempuh perjalanan mudik.

Disamping itu, Desmon juga menilai bahwa ucapan selama Hari Raya Idulfitri lewat akun sosial media dan instant messenger meningkat mulai H-3.

“Pelanggan 3 tetap bisa menikmati perjalanan mudik. Menghilangkan kejenuhan dengan bermain game online, mengunduh video perjalanan atau hal menarik lainnya di ponsel. #SiapaTakut?” tutup Desmond.      

Dengan upaya ekspansi dan optimalisasi kapasitas ini, diharapkan pengalaman berinternet pelanggan Tri Indonesia akan semakin baik khususnya di  kota-kota yang menjadi tujuan mudik,  lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper