Uji Coba Teknologi Nebeng Wi-Fi, Kecepatan Tri Sentuh 330 Mbps

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 1 April 2019 | 14:33 WIB
Suasana uji coba LAA oleh Tri di Lembang./Dok. H3I
Suasana uji coba LAA oleh Tri di Lembang./Dok. H3I
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) melakukan uji coba teknologi Licensed Assisted Access (LAA) secara live di jaringan Tri pada tanggal 16 Maret 2019 di Eldorado, Lembang, Bandung.

Uji coba ini diselenggarakan bersamaan dengan gelaran Bima Day yang dihadiri sekitar 12.000 anak muda dari Bandung dan kota lainnya. Dalam kondisi yang padat trafik, kecepatan unduh di live networks berteknologi LAA mencapai 330 Mbps, kecepatan unggah mencapai 25 Mbps, serta menghasilkan pengalaman yang sangat baik saat melakukan aktivitas mobile games dan streaming video beresolusi 8K.

LAA merupakan teknologi 4,9G yang mengagregasikan spektrum seluler dengan pita Wi-Fi. Teknologi ini memberikan kecepatan super cepat yang melengkapi teknologi 5G.

Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia, mengatakan bahwa 3 Indonesia selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan inovasi dan terknologi terbaru agar mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat ikut serta dalam uji coba LAA. Bagi Tri, teknologi ini dapat menjadi pilihan untuk menghadirkan layanan internet cepat bagi pelanggan kami yang berada di daerah yang trafiknya padat, dan dapat menghadirkan teknologi yang mendekati kemampuan 5G sebelum teknologi 5G hadir. Apresiasi kami untuk dukungan Nokia di uji coba ini,,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (1/4/2019).  

Sementara itu,Aryo Pamoragung, Kepala Subdirektorat Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo mengapresiasi 3 Indonesia yang telah memfasilitasi uji coba LAA.  Dia mengatakan kegiatan ini bermanfaat bagi Kemenkominfo dalam mempersiapkan regulasi dan peta pengembangan teknologi serta infrastruktur broadband.

“Hasil uji coba ini sangat baik dan optimal,” ujar Aryo

Sebagai penyedia telekomunikasi seluler, Tri telah dikenal luas oleh anak muda Indonesia yang memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk mewujudkan ambisi dalam hidupnya.  Pemanfaatan teknologi masa depan di antaranya LAA akan menghadirkan akses internet cepat dan mendukung pemberdayaan generasi muda Indonesia.

Tri adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi selular terkemuka di Indonesia  yang mengoperasikan jaringan nasional berlisensi 2G, 3G/WCDMA, dan 4G LTE GSM yang didukung oleh teknologi 4G LTE dan 4,5G di 9.363 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota dan kabupaten di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok melalui infrastruktur serat optik yang membentang sepanjang 16.000 Km.  

Seiring dengan keberadaannya di Indonesia sejak 2007, Tri tumbuh menjadi digital lifestyle provider. Sebanyak 95 persen pelanggan Tri adalah anak muda pengguna smartphone dengan gaya hidup digital yang tinggi. Keberhasilan Tri dibangun oleh komitmen untuk menghadirkan inovasi, pengalaman berinternet yang lebih baik dan semangat mendukung pemberdayaan generasi muda Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper