AnyMind Raih Pendanaan Segar Rp112,3 Miliar

Deandra Syarizka
Rabu, 20 Maret 2019 | 09:47 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — AnyMind Group, penyedia solusi kecerdasan buatan untuk industri periklanan, influencer marketing, dan sumber daya manusia (HR) yang berpusat di Singapura, mengumumkan penutupan Seri B Plus-nya sebesar US$8 juta atau sekitar Rp112,3 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk ekspansi bisnis perseroan di  Asia Pasifik khususnya Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina dan Malaysia.

Peraihan pendanaan tersebut sekaligus menjadikan total Seri B perusahaan menjadi US$21,4 juta atau sekitar Rp300,3 miliar, dan total pendanaan saat ini menjadi US$35,9 juta atau sekitar Rp 504 miliar.

Investor baru untuk pendanaan ini termasuk VGI Global Media Plc (VGI), penyedia solusi offline-to-online asal Thailand, dan Tokyo Century Corporation, sebuah perusahaan jasa keuangan Jepang. Adapun investor yang terlibat pada putaran sebelumnya antara lain Line Corporation, Mirae Creation Fund, dan JAFCO Asia dan Dream Incubator.   

CEO dan Co-Founder AnyMind Group Kosuke Sogo menyatakan,  sebagai bagian dari ekspansi pasca peraihan pendanaan ini, AnyMind Group membentuk perusahaan patungan dengan VGI  bernama VGI AnyMind Technology Co., Ltd. untuk mengintegrasikan teknologi periklanan digital-out-of-home (DOOH) ke iklan out-of-home yang dimiliki VGI di Thailand.

Integrasi ini mencakup potensi media harian yang dapat menjangkau 40 juta orang, dan meliputi berbagai  jenis media iklan termasuk platform kereta, transportasi, gedung, jalan, dan papan iklan digital.

"Dengan visi kami untuk memberdayakan pertumbuhan profesional, bisnis dan industri melalui teknologi, dan investor baru, kami sekarang berada dalam posisi yang kuat untuk mendorong industri periklanan, influencer marketing, dan sumber daya manusia di Asia," ujarnya di sela-sela kunjungannya ke Indonesia, belum lama ini.

Dia menambahkan, perusahaan memiliki misi untuk membangun jaringan periklanan DOOH di seluruh Asia dengan menghubungkan iklan di semua media yang ada. Pada akhirnya, pihaknya berharap dapat menyediakan periklanan yang paling relevan dan personal bagi audiens di platform manapun.

Selain membentuk perusahaan patungan dengan VGI, AnyMind Group juga  mengumumkan penyelesaian akuisisi mayoritas untuk Moindy Digital Co Ltd (Moindy), jaringan multi-kanal terkemuka di Thailand, dari TV Thunder Public Company Limited (TV Thunder), produsen dan penyedia konten televisi.  Dengan akuisisi ini, AnyMind Group akan menampung merek Moindy di bawah portofolio CastingAsia.

Dalam 3 tahun, AnyMind Group sudah beroperasi di 11 pasar di Asia antara lain Bangkok, Jakarta, Ho Chi Minh City, Hanoi, Taipei, Phnom Penh, Tokyo, Shanghai, Kuala Lumpur, Manila, dan Hong Kong, menambah jumlah karyawannya menjadi 400 staf, ekspansi ke dua industri tambahan, dan mengakuisisi dua perusahaan yaitu  FourM di Jepang, dan Acqua Media di Hong Kong. AnyMind Group juga telah menghasilkan pendapatan yang diaudit sebesar US$12,9 juta pada tahun 2016, dan dua kali lipat lebih besar pada tahun 2017 menjadi US$26 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper