OneConnect Fintech Digitalisasi Data Keuangan Pedagang Pasar

Deandra Syarizka
Rabu, 20 Februari 2019 | 17:18 WIB
Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia Hendra Tan (kanan) bersama Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto (kiri) usai menandatangani nota kesepahaman, Rabu (20/02/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia Hendra Tan (kanan) bersama Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto (kiri) usai menandatangani nota kesepahaman, Rabu (20/02/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT OneConnect Financial Technology Indonesia (OneConnect), anak perusahaan teknologi finansial dari Grup Ping An asal China, melebarkan sayapnya ke Indonesia dan berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk melakukan digitalisasi pasar di Indonesia.

Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia Hendra Tan mengungkapkan, melalui kolaborasi ini, OneConnect akan mengadakan pelatihan dan kunjungan ke pasar-pasar untuk membantu para pedagang dan kios bertransformasi ke arah digital.   

“Pedagang pasar sebagai pelaku ekonomi grass root harus dilibatkan bila ingin meningkatkan inklusi keuangan dengan pendekatan teknonologi,” ujarnya di sela-sela peluncuran OneConnect, Rabu (20/02).

Lebih lanjut, pihaknya belum menentukan jenis teknologi yang akan diadopsi oleh para pedagang pasar. Menurutnya, tahap lanjutan dari kerja sama ini adalah menggandeng mitra lainnya seperti perbankan, atau institusi pembiayaan dan finansial maupun pihak lainnya untuk membentuk ekosistem digital yang akan diterapkan.

Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto menyatakan saat ini yang paling dibutuhkan para pedagang pasar untuk mengembangkan bisnisnya adalah akses keuangan kredit mikro.

Selanjutnya, dia menilai digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembukuan transaksi, mencatat pembayaran retribusi, maupun pendataan mengenai produk dagangan yang laris dijual untuk mengurangi risiko kerugian.

“Kami senang bisa menjadi bagian dari upaya bersama untuk mentransformasi cara tradisional dalam hal finansial dengan memanfaatkan teknologi yang efisien, kuat, dan hemat biaya. Kami berharap dapat memanfaatkan teknologi OneConnect supaya bisa memberikan akses finansial digital yang lebih luas kepada pedagang di pasar, sehingga mereka juga bisa lebih aktif berpartisipasi dalam ekosistem teknologi finansial,” ujar

Dia menambahkan, implementasi awal dari nota kesepahaman ini akan diterapkan di pasar tradisional yang ada di Tangerang, sebelum diterapkan di pasar-pasar lainnya.

Sebagai gambaran, OneConnect menawarkan rangkaian lengkap solusi teknologi yang telah terbukti dan teruji dalam hal kecerdasan buatan, blockchain, identifikasi biometrics, dan teknologi lain yang digunakan oleh Grup Ping An, termasuk Bank Ping An dan Asuransi Ping An.

Salah satu teknologi andalan yang menjadi keunggulan OneConnect adalah Autentikasi Biometrik dalam bentuk pengenalan wajah atau facial recognition (FR) yang memiliki tingkat akurasi 99,8% dan telah diakui sebagai nomor satu di dunia oleh Labeled Faces in the Wild (LFW)

Institusi finansial di Indonesia dapat menggunakan teknologi ini untuk melakukan verifikasi identitas pelanggan secara akurat dan aman pada masa pendaftaran. OneConnect menyediakan rangkaian solusi teknologi biometrik, termasuk Liveness Detection, Voiceprint, dan Microexpression.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper