Panasonic Pertahankan Target 20.000 Teknisi AC Profesional Bersertifikat

Sampai tahun kedua pelaksanaan program, Panasonic telah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 12.797 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia
Iim Fathimah Timorria | 19 Februari 2019 21:11 WIB
40 Teknisi AC program Panasonic Air Conditioning Training Center (PACT) mengikuti proses sertifikasi di Jakarta, Selasa (19/2/2019) - Bisnis Indonesia/Iim Fathimah

Bisnis.com, JAKARTA - PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali menggelar Air Conditioner Technical Competition and Certification sebagai salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan menciptakan teknisi yang andal sesuai dengan standar industri.

Kegiatan yang digelar di Jakarta selama dua hari pada 18-19 Februari ini merupakan bagian dari program Panasonic Air Conditioning Training Center (PACT) yang dimulai sejak 2018. Melalui program ini, PGI menargetkan tersedianya 20.000 teknisi profesional bersertifikasi pada 2020.

Sampai tahun kedua pelaksanaan program, Panasonic telah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 12.797 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dengan berdasarkan pada kurikulum yang disesuaikan dengan standar dari Panasonic serta industri refigerasi nasional dan internasional.

"Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk AC memengaruhi perkembangan jasa instalasi atau teknisi AC di Indonesia. Kegiatan ini adalah bagian dari komitmen Panasonic untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknisi instalasi dan perbaikan AC," kata Wakil Presiden Direktur Panasonic Gobel Indonesia Tadaharu Taguchi di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Senada dengan Taguchi, Manager Service Department PGI Selviah Baladraf mengungkapkan program pelatihan dan sertifikasi ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan para teknisi. Kompetensi yang diakui lewat sertifikasi, ungkapnya, bisa menambah nilai profeksi teknisi AC.

"Sampai saat ini ada tiga kualifikasi yang bisa kami lakukan, yakni pengelasan, instalasi, dan troubleshooting [perbaikan]," sambung Selviah.

Untuk kegiatan Air Conditioner Technical Competition and Certification tahun ini, Selviah mengungkapkan bahwa Panasonic telah menyeleksi sekitar 5.000 peserta training AC di 19 kota di seluruh Indonesia selama periode April-Desember 2018. Peserta kompetisi ada 40 peserta terbaik dari masing-masing area tersebut.

"Para peserta ini kemudian akan dinilai oleh LSP-EI Yayasan Matsushita Gobel di bawah pengawasan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Seluruh peserta nantinya akan memperoleh sertifikat kompetensi profesi bagi tenaga kerja yang dikeluarkan BNSP dan pemenang kompetisi akan mendapatkan hadiah dan peralatan instalasi," sambung Selviah.

Sementara itu, Asisstant General Manager Air Conditioner PT PGI, Heribertus Ronny mengharapkan adanya peningkatan kualitas sumber daya teknisi Indonesia melalui kegiatan ini sehingga dapat bersaing dengan teknisi dari luar negeri. Panasonic, ujarnya, akan konsisten memberi kerja nyata untuk mengembangkan kualitas hidup di Indonesia, salah satunya melalui kerja sama pelatihan dengan instansi pendidikan.

"Kami juga berupaya untuk terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia dengan secara rutin mendukung sekolah kejuruan teknisi refrigerasi dalam hal instalasi dan perbaikan AC," pungkas Ronny.

Tag : panasonic
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top