Berkat Palapa Ring, Ada Wi-Fi Gratis di Morotai

Saat ini jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Tengah telah rampung dan siap melayani kebutuhan telekomunikasi di Indonesia.
Dhiany Nadya Utami | 02 Januari 2019 18:24 WIB
Morotai di Maluku Utara - Istimewa

MOROTAI SELATAN — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meninjau salah satu network operation center (NOC) jaringan penyangga (backbone) serat optik Palapa Ring Tengah yang terletak di Gotalamo, Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Rabu (2/1/2019).

Menkominfo datang bersama Direktur Infrastruktur Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Bambang Nugroho, Direktur PT LEN Telekomunikasi Indonesia Raden Wahyu Panca Gelora, serta Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos.  

Rudiantara menyatakan, saat ini jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Tengah telah rampung dan siap melayani kebutuhan telekomunikasi di Indonesia. Di lokasi NOC Pulau Morotai, bahkan tersedia, jaringan Wi-Fi gratis yang dapat diakses masyarakat.

“Pada main ke sini saja, bisa pakai [Wi-Fi] sepuasnya,” katanya.

Dia menjelaskan kepada masyarakat mengenai fungsi dan pentingnya Palapa Ring untuk menyokong telekomunikasi. Rudiantara menjanjikan paling lambat pertengahan tahun 2019 seluruh pengerjaan Palapa Ring selesai dan siap dijadikan tulang punggung layanan telekomunikasi.

Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara mengingatkan kepada masyarakat setempat agar memanfaatkan internet secara positif serta berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi, terutama yang terindikasi sebagai informasi bohong atau hoaks.

Dia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga infrastruktur Palapa Ring Tengah yang ada di pulau tersebut.

“Tolong saya titip bantu jaga. Kalau ada kabel-kabel yang terlihat jangan malah dibawa [dijual] ke kiloan, tapi laporkan ke petugas kami yang ada di sini,” ujarnya sambil berkelakar.

Sebelum menyambangi Pulau Morotai, Rudiantara juga mengunjungi Point of Presence (PoP) Palapa Ring Tengah di Ternate, Maluku Utara. Adapun setelah meninjau lokasi NOC, Menkominfo dijadwalkan untuk menengok salah satu base transceiver station di Desa Waringin, Pulau Morotai.

Tag : palapa ring
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top