Berkat Palapa Ring, Ada Wi-Fi Gratis di Morotai

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 2 Januari 2019 | 18:24 WIB
Morotai di Maluku Utara/Istimewa
Morotai di Maluku Utara/Istimewa
Bagikan

MOROTAI SELATAN — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meninjau salah satu network operation center (NOC) jaringan penyangga (backbone) serat optik Palapa Ring Tengah yang terletak di Gotalamo, Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Rabu (2/1/2019).

Menkominfo datang bersama Direktur Infrastruktur Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Bambang Nugroho, Direktur PT LEN Telekomunikasi Indonesia Raden Wahyu Panca Gelora, serta Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos.  

Rudiantara menyatakan, saat ini jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Tengah telah rampung dan siap melayani kebutuhan telekomunikasi di Indonesia. Di lokasi NOC Pulau Morotai, bahkan tersedia, jaringan Wi-Fi gratis yang dapat diakses masyarakat.

“Pada main ke sini saja, bisa pakai [Wi-Fi] sepuasnya,” katanya.

Dia menjelaskan kepada masyarakat mengenai fungsi dan pentingnya Palapa Ring untuk menyokong telekomunikasi. Rudiantara menjanjikan paling lambat pertengahan tahun 2019 seluruh pengerjaan Palapa Ring selesai dan siap dijadikan tulang punggung layanan telekomunikasi.

Berkat Palapa Ring, Ada Wi-Fi Gratis di Morotai

Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara mengingatkan kepada masyarakat setempat agar memanfaatkan internet secara positif serta berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi, terutama yang terindikasi sebagai informasi bohong atau hoaks.

Dia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga infrastruktur Palapa Ring Tengah yang ada di pulau tersebut.

“Tolong saya titip bantu jaga. Kalau ada kabel-kabel yang terlihat jangan malah dibawa [dijual] ke kiloan, tapi laporkan ke petugas kami yang ada di sini,” ujarnya sambil berkelakar.

Sebelum menyambangi Pulau Morotai, Rudiantara juga mengunjungi Point of Presence (PoP) Palapa Ring Tengah di Ternate, Maluku Utara. Adapun setelah meninjau lokasi NOC, Menkominfo dijadwalkan untuk menengok salah satu base transceiver station di Desa Waringin, Pulau Morotai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper