Tahun Depan, HP Fokus Perkuat Pasar Printer Indonesia

Perusahaan teknologi asal AS, HP Inc, tahun depan akan fokus menggenjot pengembangan pasar teknologi printing di Indonesia terutama menyasar sektor usaha kecil dan menengah (UKM).
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 15 November 2018  |  22:08 WIB

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Perusahaan teknologi asal AS, HP Inc, tahun depan akan fokus menggenjot pengembangan pasar teknologi printing di Indonesia terutama menyasar sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

GM and Managing Director South East Asia and Korea (SEA-K) HP, Koh Kong Meng mengatakan pangsa pasar HP untuk produk PC atau notebook di Indonesia sudah sangat tinggi, sedangkan untuk produk printer masih memiliki pangsa pasar nomor 3 terbesar di Indonesia.

"PC sudah punya market share tinggi, jadi kami ingin terus mengembangkan Indonesia dengan bisnis printer. Apalagi kami baru meluncurkan printer terbaru yang multifungsi dan punya dampak signifikan bagi UKM Indonesia," jelasnya saat sesi wawancara dalam HP Home Planet 2018 di Malaysia International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kamis (15/11/2018).

Dia mengatakan HP sangat ingin fokus mengembangan UKM di Indonesia yang memiliki kontribusi hampir sekitar 90% an terhadap produk domestik bruto (PDB). Kong Meng juga mengaku optimistis dengan potensi pasar yang besar di Indonesia untuk sebuah produk teknologi masa depan.

"Bukan hanya karena penduduknya yang banyak tetapi juga internet di Indonesia berkembang gila-gilaan, dan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke 10 di dunia. Nah pasar-pasar inilah yang memiliki kesempatan dan paling cepat berkembang," jelasnya.

Sederet produk printer canggih buatan HP yang nampaknya bakal masuk ke pasar Indonesia tahun depan yakni Seri HP Laserjet MFP dan HP Jet Fusion 3D serta HP Sprocket portable terbaru yang lebih canggih karena bisa mencetak foto bersamaan dengan gadget yang berbeda.

Adapun Seri HP Laserjet MFP merupakan printer multifungsi yang bisa digunakan untuk mencetak tulisan, scan sampai fotocopy sehingga bisa mengkover kebutuhan para UKM dalam menunjang bisnisnya. Printer ini juga bisa terkoneksi dengan PC, smartphone, tablet maupun mesin fotokopi.

Kong Meng menambahkan, meski negara-negara Asia Tenggara dan Korea memiliki potensi pasar yang sangat besar tetapi bukan tidak mungkin HP juga menghadapai tantangan besar yang kerap ditemui seperti masalah bencana alam dan politik.

"Tapi yang selalu konsisten bagi kami adalah potensi yang tidak terbatas serta peluang-peluang tidan terbatas karena ada miliaran orang di dunia," imbuhnya.

Produk Premium

VP President, Product Management Consumer Notebooks HP Inc Josephine Tan menambahkan bahwa HP dalam menciptakan sebuah produk teknologi, pihaknya sudah tidak lagi sekadar mengejar kecepatan tetapi menantang diri untuk merancang gaya hidup yang modern.

"Kami sempat bertanya pada diri sendiri bagaimana kami dapat mengubah PC lebih dari sebuah komputer dan menjadi sesuatu yang lebih personal dan kami membayangkan sebuah produk yang all-in-one dan premium," katanya.

Saat ini, katanya, HP memiliki sederet produk PC atau notebook kelas premium yang saat ini baru hadir di Singapura dengan harga sekitar SGD23,99.

HP seri Spectre ini punya 2 jenis yakni HP Spectre 360 premium dengan dua pilihan layar 15x360 dan 13x360, serta HP Spectre Folio yang memiliki desain bodi yang 100% berbalut kulit. HP Elitebook x360 1040 G5 yakni sebuah convertible elegan berukuran 14 inci.

"Inovasi kami ini juga sangat cocok bagi tenaga kerja digital yang termasuk dalam bagian pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Asia Tenggara dan Korea Selatan (Korsel)," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hp, printer

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top