Tergoda dengan Apple Watch Seri 4? Ini Spesifikasi dan Harganya

Selain meluncurkan tiga iPhone terbaru, Apple juga meluncurkan jam tangan pintar teranyar mereka yang dinamakan Apple Watch Seri 4.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 13 September 2018 12:30 WIB
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan jam tangan pintar terbaru Apple yang diluncurkan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Rabu (12/9). - Reuters/Stephen Lam

Bisnis.com, JAKARTA -- Selain meluncurkan tiga iPhone terbaru, Apple juga meluncurkan jam tangan pintar teranyar mereka yang dinamakan Apple Watch Seri 4.

Jam tangan pintar terbaru ini hadir dengan layar edge-to-edge dan dilengkapi dengan teknologi LTPO di mana dengan sekali diisi baterainya maka jam pintar ini dapat beroperasi seharian.

Selain itu, tersedia sistem jaringan LTE sebagai tambahan opsional dan jam tangan pintar ini diisi prosesor S4 dual core, yang diklaim dua kali lipat lebih cepat dari pendahulunya. 

Apple mengklaim bahwa S4 lebih dari sekadar prosesor dan merupakan paket silikon (SiP) lengkap dengan keseluruhan sistem dibuat ke dalam satu komponen.

Speaker Apple watch seri terbaru ini diklaim memberikan peningkatan kualitas audio yang dramatis untuk Siri dan Walkie Talkie. Selain itu, mikrofon seri ini diletakkan berlawanan dengan digital crown untuk mengurangi gema pada saat panggilan telepon agar terdengar lebih jelas.

Layarnya juga hadir lebih besar dibandingkan versi yang sebelumnya, di mana untuk versi jam tangan besar hadir dengan layar 44 milimeter  (mm) dibandingkan versi sebelumnya yang sebesar 42 mm. Adapun jam tangan kecil memiliki ukuran layar 40 mm, sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya yang sebesar 38 mm.

Selain itu, jam pintar ini dilengkapi dengan sistem elektrokardiogram atau EKG yang penting untuk mengetahui kondisi jantung seseorang. Apple Watch Seri 4 ini adalah perangkat pertama yang memungkinkan untuk pengambilan EKG karena biasanya pengambilan tes ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit.

Jam tangan pintar ini juga dapat mendeteksi dan menganalisis kondisi ketika penggunanya terjatuh serta dilengkapi opsi panggilan darurat. Jika si pengguna terjatuh dan terdeteksi tidak langsung berdiri selama 60 detik, maka jam ini akan segera memberi pesan kepada kontak darurat si pengguna termasuk lokasi di mana penggunanya berada.

Apple Watch Seri 4 dihadirkan dengan dua varian material yang berbeda yakni aluminium dan stainless steel. Meski berbeda material, varian warna yang ditawarkan sama yakni abu-abu, silver, dan emas.

Untuk band atau tali jam dihadirkan beragam di antaranya Sport Band, Sport Loop, Milanese Loop, Nike Band, dan Hermes Band.

Harga yang dibanderol pun beragam. Seri GPS dijual dengan harga US$399 atau sekitar Rp5,9 juta (kurs tengah Bank Indonesia: Rp14.789), sedangkan untuk seri GPS + Selular dijual di harga US$799 atau sekitar Rp11,82 juta (kurs tengah Bank Indonesia: Rp14.789).

Adapun Apple Watch Seri 4 dengan band Nike dibanderol mulai US$399 atau sekitar Rp5,9 juta untuk seri GPS, dan US$499 atau sekitar Rp7,4 juta untuk GPS + Selular.

Untuk Apple Watch Seri 4 band Hermes versi GPS + Selular, dibanderol di harga US$1.299 (sekitar Rp19,21 juta) hingga US$1.499 (sekitar Rp22,2 juta).

Tag : apple
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top