SAP Siap Bantu Industri Bertransformasi Digital

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 21 Desember 2017 | 08:51 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan penyedia perangkat lunak global SAP memastikan akan membantu industri dalam negeri untuk melakukan transformasi digital melalui penerapan teknologi yang tepat agar lebih efisien dan mengikuti perkembangan zaman.

Head of Database & Data Management SAP Southeast Asia, Peter Moore mengakui dewasa ini transformasi digital merupakan suatu keniscayaan yang harus segera dilakukan oleh pelaku industri dalam negeri. Namun menurutnya, sampai saat ini kendala yang dihadapi perusahaan untuk melakukan transformasi digital tersebut adalah memilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempercepat proses digitalisasi pada suatu perusahaan.

“Kami sudah siap membantu perusahaan untuk melakukan transformasi digital baik secara bottom-up maupun top-down karena di era digital ini perusahaan sudah harus melakukan digitalisasi agar tidak tergerus zaman,” tuturnya kepada Bisnis, Kamis (21/12).

Menurutnya, salah satu industri yang akan mendapatkan manfaat cukup besar dari transformasi digital adalah sektor pertanian. Pasalnya dia menjelaskan, jika sektor tersebut sudah bertransformasi digital maka dapat melakukan komunikasi secara real-time dalam pemesanan hasil produksi, aktivitas pertanian di lapangan dan menganalisa pola pembelian pelanggan serta mempelajari profil konsumen.

Untuk mendukung industri dalam negeri, SAP mengakui pihaknya juga akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan data di dalam negeri melalui teknologi cloud yang pasarnya terus mengalami pertumbuhan di Indonesia.

“Kami tengah merancang solusi penyimpanan data, baik untuk perusahaan milik swasta maupun perusahaan milik pemerintah. Tentunya solusi ini akan selaras dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” katanya.

Dia mengakui saat ini sektor swasta dinilai lebih cepat dalam mengadopsi teknologi untuk bertransformasi dibandingkan dengan sektor pemerintah. Pasalnya dia menjelaskan perusahaan swasta lebih mudah bereksperimen dari penerapan teknologi, namun sayangnya hal tersebut belum dilakukan oleh pemerintah.

“Meskipun demikian, tidak sedikit organisasi pemerintah yang mulai tertarik untuk mengadopsi teknologi agar bisa bertransformasi,” ujarnya.

Dia berharap ke depan transformasi digital tersebut dapat segera dilakukan oleh seluruh industri dan pemerintah, sehingga lebih efisien dan tidak tergerus oleh perkembangan digitalisasi yang semakin cepat.

“Kami berharap transformasi digital ini dapat segera merata di Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper