Gangguan Satelit Telkom 1 Baru Pulih 10 September

Demis Rizky Gosta
Senin, 28 Agustus 2017 | 12:37 WIB
Konferensi pers PT Telkom (Persero) Tbk. mengenai anomali pada satelit Telkom 1
Konferensi pers PT Telkom (Persero) Tbk. mengenai anomali pada satelit Telkom 1
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. menargetkan pemulihan layanan jaringan seluruh pelanggan satelit Telkom 1 selesai pada 10 September 2017.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Alex Sinaga mengatakan Telkom telah menjalankan upaya pemulihan (recovery) jaringan 63 pelanggan satelit Telkom 1 sejak Sabtu pekan lalu (26/8/2017).

Pemulihan rencananya dilakukan dalam dua tahap. Pertama, Telkom melakukan migrasi jaringan para pelanggan dari transponder Telkom 1 ke transponder Telkom 3S, Telkom 2, dan beberapa satelit milik perusahaan lain.

Satelit milik Telkom akan menerima 77% dari seluruh pelanggan Telkom 1, sedangkan 23% sisanya dilayani oleh satelit milik perusahaan lain. Proses migrasi transponder berlangsung sejak Sabtu pekan lalu dan ditargetkan selesai pada Rabu pekan ini (30/8/2017). 

Kedua, Telkom akan melakukan proses perubahan arah (repointing) antena belasan ribu titik layanan permukaan (ground segment) milik pelanggan Telkom 1. Aktivitas ini akan dilakukan Telkom bersama perusahaan penyedia V-Sat yang menggunakan layanan Telkom 1.

Proses perubahan arah antena yang tadinya mengarah ke Telkom 1 ke satelit lain diperkirakan baru bisa selesai pada 10 September 2017.

Alex mengatakan Telkom memberikan prioritas pemulihan pada badan-badan pemerintah yang menggunakan Telkom 1 untuk kepentingan strategis. Prioritas kedua diberikan pada pelanggan yang memberikan layanan publik termasuk ATM, sedangkan perusahaan swasta diberikan prioritas terakhir.

“Atas nama PT Telkom kami memohon maaf atas seluruh 63 pelanggan, termasuk pelanggan dari pelanggan kami. Kami berkomitmen untuk memulihkan ini secepatnya,” kata Alex dalam konferensi pers di Graha Merah Putih, Senin (28/8/2017).

Gangguan layanan akibat anomali pada Telkom 1 terjadi sejak Jumat pekan lalu pada pukul 16.51 WIB. Anomali yang terjadi adalah pergeseran arah antena satelit.

Pergeseran menyebabkan gangguan jaringan yang antara lain menyebabkan belasan ribu ATM milik berbagai bank tidak bisa berfungsi (offline).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper