Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Situs Berita Tempo.co Diretas, Ini Kronologinya

Situs berita Tempo.co menjadi sasaran peretasan dan mengalami deface atau halaman muka yang diubah pada Kamis (11/5/2017).
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 11 Mei 2017  |  22:19 WIB
Tempo.co
Tempo.co

Bisnis.com, JAKARTA - Situs berita Tempo.co menjadi sasaran peretasan dan mengalami deface atau halaman muka yang diubah pada Kamis (11/5/2017).

Pemimpin Redaksi Tempo.co Burhan Sholihin mengatakan pihaknya mengetahui adanya peretasan sekitar pukul 24.00 WIB, Kamis (11/5/2017), lewat laporan. Kemudian, tim teknologi menganalisis situasi dan ditemukan bahwa peretasan dilakukan bukan di server Tempo.co namun di DNS server.

“Ini semacam server pengatur traffic di Internet. Saat orang mengetik di browser mereka http://tempo.co, maka DNS server akan mengarahkan ke server kami di CBN. Hacker rupanya mengalihkan pengaturannya ke server mereka di Cloudfare,” ujar Burhan kepada Bisnis pada Kamis (11/5/2017).

Burhan mengatakan terkait penanganan untuk memulihkannya telah dilakukan dan sekitar pukul 8.00-9.00 WIB Kamis (11/5/2017), website Tempo.co sudah kembali normal.

Dia mengatakan karena yang diserang bukan server Tempo.co tetapi server pengatur traffic Tempo.co atau DNS server, akibatnya ketika orang mengakses terus dialihkan. Namun, dia menjamin database Tempo.co tetap aman dan terkait pelaku pihaknya belum menemukan petunjuk.

“Untuk Penangan soal hukum kami belum sampai ke sana, kalau nanti kami bisa mendapatkan jejak pelakunya tidak menutup kemungkinan untuk itu. Sementara, kami fokus ke internal dulu,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hacking
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top