Situs Berita Tempo.co Diretas, Ini Kronologinya

Agne Yasa
Kamis, 11 Mei 2017 | 22:19 WIB
Tempo.co
Tempo.co
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Situs berita Tempo.co menjadi sasaran peretasan dan mengalami deface atau halaman muka yang diubah pada Kamis (11/5/2017).

Pemimpin Redaksi Tempo.co Burhan Sholihin mengatakan pihaknya mengetahui adanya peretasan sekitar pukul 24.00 WIB, Kamis (11/5/2017), lewat laporan. Kemudian, tim teknologi menganalisis situasi dan ditemukan bahwa peretasan dilakukan bukan di server Tempo.co namun di DNS server.

“Ini semacam server pengatur traffic di Internet. Saat orang mengetik di browser mereka http://tempo.co, maka DNS server akan mengarahkan ke server kami di CBN. Hacker rupanya mengalihkan pengaturannya ke server mereka di Cloudfare,” ujar Burhan kepada Bisnis pada Kamis (11/5/2017).

Burhan mengatakan terkait penanganan untuk memulihkannya telah dilakukan dan sekitar pukul 8.00-9.00 WIB Kamis (11/5/2017), website Tempo.co sudah kembali normal.

Dia mengatakan karena yang diserang bukan server Tempo.co tetapi server pengatur traffic Tempo.co atau DNS server, akibatnya ketika orang mengakses terus dialihkan. Namun, dia menjamin database Tempo.co tetap aman dan terkait pelaku pihaknya belum menemukan petunjuk.

“Untuk Penangan soal hukum kami belum sampai ke sana, kalau nanti kami bisa mendapatkan jejak pelakunya tidak menutup kemungkinan untuk itu. Sementara, kami fokus ke internal dulu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper