Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Dapur Inovasi Desain Samsung Galaxy S8 yang Diklaim Revolusioner

Melalui Galaxy S8, Samsung telah mengubah cara melihat dan menggunakan segala sesuatu yang memiliki kekuatan untuk mengubah cara hidup dan berpikir
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 05 April 2017  |  16:42 WIB
Seorang wanita mengabadikan Samsung Galaxy S8 menggunakan Galaxy S7, di New York City, Amerika Serikat, Rabu (29/3/2017). - REUTERS/Brendan McDermid
Seorang wanita mengabadikan Samsung Galaxy S8 menggunakan Galaxy S7, di New York City, Amerika Serikat, Rabu (29/3/2017). - REUTERS/Brendan McDermid

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung mengklaim, desain Galaxy S8 revolusioner, bukan sekadar inovatif. Inovasi Samsung diartikan sebagai melepaskan diri dari kebiasaan.

Seperti dirilis dalam laman resmi Samsung Newsroom, Samsung telah mengubah cara melihat dan menggunakan segala sesuatu yang memiliki kekuatan untuk mengubah cara hidup dan berpikir.

“Alih-alih menambah lini smartphone biasa, kami persembahkan Galaxy S8 dengan desain yang benar-benar revolusioner,” tulis Samsung dalam rilis tertanggal 4 April itu.

Lantas, apa saja keunggulan desain Samsung Galaxy S8 yang masuk pasar mulai 21 April nanti?

KEUTUHAN

Bentuk baru dibuat dari desain tunggal. Galaxy S8 adalah manifestasi dari kesatuan.

Elemen mekanikal yang dirasa kurang berguna telah dihilangkan dan saat ini terfokus pada esensi dari perangkat itu sendiri, dan diciptakanlah desain yang membuat perangkat dan penggunanya serasa menjadi satu.

Teknologi yang luar biasa dihadirkan dengan perangkat yang inovatif serta memberikan pengguna pengalaman yang mengesankan.

Infinity Display

Galaxy S8 menggunakan seluruh panel depan sebagai display-nya.

Tombol Home dihilangkan untuk memanfaatkan dan memperluas ruang semaksimal mungkin, serta menghilangkan batas antara perangkat dan dunia nyata. Dengan rasio layar 18,5:9, pengguna dapat mendapat pengalaman baru yang maksimal.

Desain genggaman Galaxy S8 dipilih berdasarkan seberapa cocok lekukan pada perangkat dengan tangan pengguna

Sedikit lengkungan di bagian depan, belakang, dan masing-masing ujungnya sehingga menciptakan simetri sempurna, bezel seolah-olah tidak terlihat. Lekukan tersebut diselaraskan secara harmonis agar nyaman di tangan pengguna.

Layar yang terlihat natural

Material layar memiliki aksen glossy yang secara alami menyatu dengan tampilan, sehingga merefleksikan sekeliling Anda, bahkan saat perangkat dimatikan.

Material layar dan lensa kamera belakang yang tersembunyi menciptakan rasa fluiditas yang terasa menyatu.

HARMONI

Menangkap keindahan dari keselarasan dan individualitas

Batas-batas telah dihilangkan sehingga dapat menjangkau keinginan dari wilayah, jenis kelamin, atau usia yang lebih luas.

Desain Galaxy S8 adalah tentang menjaga keseimbangan alam yang sesuai dengan dengan siapa pun, bukan spesifik pada selera tertentu

Warna-warna netral yang elegan

Warna-warna netral masuk ke kehidupan kita dengan mudah karena sifatnya yang seimbang. Warna-warna netral di Galaxy S8 memberikan kenyamanan dengan menurunkan intensitas saturasi warna, sekaligus menciptakan tampilan menawan saat cahaya menyentuh bodi ponsel dari berbagai sudut.

Warna 'Midnight Black' memiliki kedalaman warna yang mengagumkan dan mengingatkan pada batu onyx hitam.

Kehangatan warna ‘Arctic Silver’ dan kedalaman warna ‘Maple Gold’ menjaga integritas warna asli sekaligus mengedepankan keunggulan warna-warna netral.

Warna ‘Orchid Gray’ yang misterius dan warna cerah ‘Coral Blue’ yang merupakan reinterpretasi dari gaya anak muda menjadi warna-warna yang trendi namun seimbang.

Aksesoris yang menyesuaikan dengan berbagai keadaan

Aksesoris sama menariknya dengan perangkat Galaxy S8 sendiri. Protective case terbuat dari bahan Alcantara, lembut namun tidak cepat usang bahkan setelah penggunaan jangka panjang.

Penutup tembus pandang daoat menyesuaikan dengan warna Galaxy S8 sendiri, serta memperlihatkan keindahan yang tak terduga.

Penutup silikon menawarkan warna yang hidup yang mewakili generasi milenial.

Dengan desain yang fleksibel, Galaxy S8 menjadi objek kehidupan sehari-hari yang menyesuaikan dengan setiap ruang atau keadaan.

KONTINUITAS

Sebuah bahasa desain terpadu dari dalam ke luar

Sebuah produk akan kehilangan kesatuannya jika perangkat keras dan desain antarmuka perangkat lunak tidak kohesif.

Produk yang kohesif dapat memberikan stabilitas kepada pengguna. Eksterior inovatif Galaxy S8 ini menggunakan satu bahasa desain yang terhubung dari dalam ke luar, dan dari luar ke dalam.

Pengalaman visual yang berasal dari kesan pertama

 

Dari interaksi awal pengguna dengan Always On Display hingga Lock dan Home Screen, efek visual berbentuk galaksi ditampilkan secara keseluruhan.

Kesan pertama yang indah ini mengalir lembut pada background tampilan saat pengguna berinteraksi dengan Galaxy S8.

Serangkaian wallpaper yang berdasarkan CMF berbeda serta efek galaksi interaktif yang terlihat berbeda mengikuti sudut pandang pengguna memberikan rasa ekspansi tak terbatas.

Sebuah Pengalaman Berkelanjutan

Home Screen dari Galaxy S8 memiliki desain yang sama sekali baru, termasuk icon dan search bar, dan bahkan widget cuaca, yang memberikan kesan baru bagi para penggunanya.

Ikon-ikon dirancang menggunakan konsep yang disebut 'Light & Line', yang memotong bagian dari garis visual sehingga menirukan keadaan dan cahaya sekitar.

Pengguna dapat merasakan apa yang disebut sebagai ‘One Continuous Experience’ dari Home button virtual hingga ikon di layar yang memiliki satu bahasa desain.

Pengguna dapat berpindah ke aplikasi dari Home screen dengan hanya menggeser layar secara vertikal.

Ini memberikan kemudahan aksesibilitas yang lebih intuitif dibandingkan Home screen terdahulu dengan menyatukan semua metode pengaturan tampilan dan menawarkan modus multi-selection.

KEBARUAN

Awal dari sebuah antarmuka baru yang mengerti penggunanya

Selama dekade terakhir, sebagian besar interaksi dengan smartphone menggunakan layar sentuh.

“Kami memperkenalkan antarmuka generasi berikutnya, Bixby, yang merespon terhadap sentuhan dan suara pengguna,” tulis Samsung.

Pengguna bebas memilih cara mereka berinteraksi berdasarkan lingkungan mereka.

Dengan menekan tombol di sisi kiri perangkat, Bixby dapat memberikan informasi yang dioptimalkan, dan dengan berbicara ke perangkat sambil memegang tombol, antarmuka ini akan memahami ritme pengguna.

Bixby terus berkembang, sehingga jika pengguna lebih lama berinteraksi dengannya, Bixby akan lebih dapat diandalkan.

Bixby memahami Anda

Bixby menganalisa pola suara dan menyediakan informasi dalam format kartu yang sesuai dengan konteks.

Ketika Anda menghidupkan Bixby saat pulang ke rumah setelah bekerja, ia akan menampilkan kalender pengingat mengenai pertemuan keluarga, atau kartu kontak dari teman dekat Anda.

Pengguna dapat mengambil informasi yang dibutuhkan dari masing-masing kartu tanpa harus mengakses aplikasi setiap saat.

Tak perlu artikulasi sempurna

Mengakses semua fitur melalui sentuhan tidak diperlukan.

Bixby dapat merespon suara dan menggunakan fungsi yang sebelumnya telah diakses melalui sentuhan.

Sebuah interaksi suara yang lebih alami dapat dimungkinkan melalui teknologi Partial Landing yang memahami perintah pengguna dari konteks tertentu, dan mengisi kekosongan dengan menghadirkan opsi tambahan.

Melihat lebih dari apa yang terlihat

Bixby dapat mengenali gambar yang pengguna lihat dan memberikan informasi yang relevan.

Pengguna dapat menekan ikon Bixby Vision saat menyalakan kamera atau melihat gambar dari galeri untuk memulai pencarian mengenai produk atau tempat yang ditampilkan di layar atau bahkan mengenali dan menerjemahkan teks.

Bixby, mengatakan apa yang dibutuhkan

Rekam setiap konten atau tugas yang ingin Anda ingat kemudian melalui Bixby agar ia dapat mengingatkan nanti.

Baik itu pengingat untuk menonton video ketika tiba di rumah atau hanya untuk melakukan cuci, cukup simpan informasi pada Reminder dan Bixby mengingatkan Anda.

Pengalaman yang melampaui fungsi ponsel ke dalam kehidupan kita sehari-hari

Antarmuka Bixby melampaui lingkungan ponsel Galaxy S8 dan memberikan pengguna pengalaman komputasi yang mirip dengan PC melalui Samsung DeX, dan dengan Samsung Connect, pengguna juga dapat mengontrol peralatan rumah Samsung dan perangkat SmartThings IOT yang dirilis pada tahun ini.

Namun Samsung Connect ini hanya tersedia di negara-negara tertentu saja.

Pengguna dapat secara konsisten melanjutkan dengan pengalaman mobile mereka ke dalam kehidupan sehari-hari.

Galaxy S8 melampaui batas-batas untuk membuat desain terpadu yang lebih mudah dan ringkas dibandingkan perangkat lain yang pernah ada.

Seluruh pengalaman datang serempak melalui Galaxy S8, sehingga membantu pengguna menemukan makna baru dari kehidupan sehari-hari.

Foto-foto: Samsung Newsroom

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung galaxy s8
Editor : Arif Budisusilo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top