Adu Tangguh Jam Tangah Pintar Mewah

Smartwatch atau jam tangan pintar kini tengah menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Harga yang ditawarkan oleh produsen smartwatch tersebut juga cukup bervariasi mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.
Sholahuddin Al Ayyubi | 21 Maret 2017 04:56 WIB
Smartwatch - gsmarena

Bisnis.com, JAKARTA - Smartwatch atau jam tangan pintar kini tengah menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Harga yang ditawarkan oleh produsen smartwatch tersebut juga cukup bervariasi mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Pasar smartwatch kini tidak lagi hanya diramaikan oleh perusahaan teknologi seperti Samsung, tetapi juga oleh produsen jam tangan mewah asal Swiss Tag Heuer yang telah memperkenalkan kehadiran jam tangan pintar ke duanya yaitu Connected Modular 45, sesuai namanya produk teranyar tersebut berbasis Android Wear 2.0 dan dapat di lepas pasang.

Smartwatch Connected Modular 45 tersebut dapat diganti berbagai jenis body besutan Tag Heuer yang lain seperti 02T Tourbillion Chronograph. Bahan material yang ditawarkan jam tangan pintar ini adalah titanium yang diadopsi untuk membalut seluruh body smartwatch tersebut sehingga nampak elegan jika digunakan oleh penggunanya.

Selain itu, produk buatan Tag Heuer tersebut juga telah mengadopsi teknologi anti gores pada bagian layar kaca jam tersebut. Pasalnya Connected Modular 45 telah dilengkapi dengan kaca safir agar dapat memproteksi layar jam tangan pintar, sehingga tidak tergores oleh pintu, kunci atau kuku.

Smartwatch yang rencananya akan dibanderol dengan harga US$1.650 tersebut telah mengadopsi layar berukuran 1,39 inci dengan teknologi Amoled dan dapat digunakan untuk menyelam pada kedalaman air 50 meter selama beberapa menit.

Dari sisi dapur pacu, smartwatch tersebut telah mengadopsi chipset Intel Atom Z34XX ditambah RAM sekitar 512 MB. Khusus untuk penyimpanan, produk teranyar tersebut juga sudah menyiapkan ruang pada memori internalnya sebesar 4GB tanpa slot eksternal. Selain itu, kapasitas baterai yang telah disiapkan cukup besar yaitu sebesar 410mAh.

Tag Heuer Connected Modular 45 tersebut juga memiliki konektivitas yang sangat banyak seperti di antarnya yaitu Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan NFC. Kendati konektivitas jam tangah pintar tersebut sangat lengkap, namun belum mengadopsi SIM Card agar dapat digunakan untuk menelpon.

Sementara itu, pesaing yang siap berhadapan langsung dengan Tag Heuer Connected Modular 45 adalah Montblane Summit yang tidak kalah menawarkan kemewahan bagi penggunanya. Namun dari sisi harga, smartwatch Montblane tersebut lebih murah dibandingkan pesaingnya, Montblane Summit rencananya akan dibanderol dengan harga sekitar US$980.

Dari sisi layar, Montblane Summit telah menggunakan layar berukuran 1,39 inci dengan resolusi 400x400 berteknologi layar Amoled dan telah mengadopsi sistem operasi (OS) berbasis Android Wear 2.0.

Selain itu, dapur pacu yang telah digunakan Montblane Summit adalah Qualcomm Snapdragon Wear dengan RAM berkekuatan 512MB dan penyimpanan internal sebesar 4GB tanpa adanya slot memori eksternal untuk memperluas penyimpanan.

Smartwatch teranyar tersebut telah memiliki sertifikat IP68 water resistence sehingga dapat digunakan untuk menyelam dengan dukungan baterai sebesar 300 mAh. Beberapa konektivitas yang disediakan oleh Montblane di antaranya adalah Wi-FI dan Bluetooth.

Dari sisi harga, ke dua smartwatch tersebut memiliki perbedaan yang cukup lumayan, namun semua kembali ke kantong pengguna dan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartwatch

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top