Smartwatch Samsung Gear 2 vs Sony Smartwatch 3

Sholahuddin Al Ayyubi
Kamis, 29 Desember 2016 | 08:16 WIB
Smartwatch gear 2 Samsung/gsmarena
Smartwatch gear 2 Samsung/gsmarena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--‎Smartwatch kini tengah menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya, smartwatch dinilai dapat membantu penggunanya dalam berbagai hal serta trendi.

Samsung merupakan salah satu produsen yang kini mulai fokus menggarap jam tangan pintar tersebut melalui produk terbarunya yaitu Samsung Gear 2 yang memiliki layar berukuran 1,62 inci dengan 320x320 pixel.

Samsung Gear 2 tersebut juga memiliki kamera berkekuatan 2 megapixel kecil di bagian atasnya untuk membantu penggunanya dalam mengambil gambar tanpa diketahui oleh objek gambar tersebut.

Selain itu, smartwatch flagship buatan produsen asal Korea tersebut juga telah mengadopsi dapur pacu Exynos 3250 Dual dan CPU Dual-Core 1.0 GHz Cortex A-7 ditambah dengan GPU Mali-400MP2. Kemudian dari sisi Operating System (OS), Gear 2 sudah mulai mengadopsi OS Tizen khusus buatan Samsung. ‎

Untuk penyimpanan, Samsung sudah menyiapkan memori internal sebesar 4GB ditambah dengan RAM sebesar 512MB. Baterai yang digunakan Gear 2 adalah Non-removable Li-Ion 300 mAh sehingga dapat bertahan lebih dari satu hari.

Samsung Gear 2 juga memiliki sertifikasi IP67 yaitu tahan air dan dapat digunakan hingga kedalaman 1 meter air selama 30 menit. Di sisi lain, produsen asal Tokyo Sony juga kembali hadir sebagai penantang Samsung untuk device smartwatch.

Sony memperkenalkan smartwatch Sony Smartwatch 3 SWR 50 yang memiliki layar berukuran 1,6 inci. Namun sayangnya, smartwatch Sony tersebut belum dilengkapi dengan kamera seperti Gear 2 milik Samsung.

Tetapi Sony sudah membenamkan baterai yang ebih besar daripada Samsung yaitu berukuran 420 mAh dengan jenis baterai Non-removable Li-Po yang diklaim dapat bertahan lebih dari 92 jam dalam posisi standby. Dari sisi dapur pacu, Sony telah membenamkan CPU Quad-Core 1.2 GHz Cortex A-7 dengan OS Android Wear.

Penyimpanan yang disediakan mirip dengan Sony yaitu penyimpanan internal sebesar 4GB dan RAM sebesar 512MB. Selain itu, Sony juga telah diberikan sertifikasi IP68 pada smartwatch teranyarnya tersebut yang artinya dapat bertahan di kedalaman air 1,5 meter dalam waktu paling lama sekitar 30 menit.

Dua brand tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Namun semuanya kembali ke pengguna yang membutukan smartwatch dengan spesifikasi seperti apa dan menyesuaikan budget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper