Ponsel Lenovo: Vibe K5 & K5 Plus Berkekuatan Besar

Gombang Nan Cengka
Minggu, 6 Maret 2016 | 09:20 WIB
Bila Anda mengincar Vibe K5 Plus, siap-siap untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam.
Bila Anda mengincar Vibe K5 Plus, siap-siap untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbeda dengan perusahaan lain yang meluncurkan ponsel unggulannya di MWC 2016, Lenovo memilih untuk tampil low-profile, meskipun tetap mencuri perhatian. Lenovo memperkenalkan dua model ponsel di Barcelona, Vibe K5 dan Vibe K5 Plus. Keduanya dari harga dan spesifikasi tergolong sebagai ponsel kelas menengah.

Dari segi tampilan dan desain kedua model ini tidak jauh berbeda. Perbedaan terpenting terletak pada fitur dan kemampuan komputasi chip yang ditanamkan. Vibe K5 Plus memiliki layar dengan resolusi lebih tinggi, dan chip yang lebih ampuh, dibandingkan Vibe K5. Selain itu tidak banyak perbedaan di antara keduanya.

SPESIFIKASI

Lenovo memilih buat menanamkan chip Qualcomm Snapdragon 415 untuk Vibe K5, dan Snapdragon 616 untuk varian Vibe K5 Plus. Perbedaan kedua chip ini sebenarnya tidak banyak: keduanya merupakan chip berbasis inti Cortex A53 (berinti delapan), dengan dukungan terhadap instruksi 64 bit, dan pengolah grafis Adreno 405.

Chip Qualcomm Snapdragon 616 ini diperlukan untuk mendukung tampilan Full HD (1920x1080 piksel) yang digunakan oleh Vibe K5 Plus. Sementara itu bila Anda tidak terlalu mementingkan resolusi layar, ponsel Vibe K5 yang memiliki display beresolusi 1280 x 720 piksel mungkin sudah cukup baik.

Keduanya memiliki memori (RAM) berkapasitas 2 GB, dan storage internal yang mampu menyimpan data sampai 16 GB. Bila ini tidak cukup, tersedia slot kartu microSD yang mampu menampung data tambahan (maksimum 32 GB). Baterai yang berkapasitas 2750 mAh yang memberi daya ke kedua model ponsel ini dapat dicopot (removable).

Kamera yang disertakan pada ponsel dari Lenovo ini tergolong standar untuk kelasnya: kamera utama memiliki sensor yang dapat menangkap foto 13 megapiksel, didukung dengan fitur autofocus dan lampu blitz LED. Kamera depan, yang dapat mengambil gambar maksimum 5 megapiksel, bisa digunakan untuk selfie atau videocall.

Kehebatan speaker menjadi salah satu kebanggaan Lenovo buat ponsel ini. Lenovo mempromosikan fitur sistem suara Dolby Atmos, dengan dukungan speaker ganda di bagian belakang. Sistem audio ini disebutkan akan mampu mendukung berbagai jenis aplikasi hiburan, seperti pemutar film, musik, dan permainan video.

Blog resmi Lenovo menyebutkan bahwa ponsel ini akan dijual dengan harga US$129 atau sekitar Rp1,7 juta untuk Vibe K5. Bila Anda mengincar Vibe K5 Plus, siap-siap untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam, karena ponsel tersebut akan dijual seharga US$149 (Rp 1,9 juta).

Kombinasi harga dan fitur yang tertanam pada kedua model ponsel ini kiranya akan membuatnya menarik buat calon pembeli di Indonesia.

Sayangnya belum jelas kapan ponsel ini akan diluncurkan di sini.

Pesaing yang setimpal dengan Vibe K5/K5 Plus ini mungkin adalah Xiaomi Redmi 3, yang juga belum masuk ke Indonesia. Redmi 3 memiliki spesifikasi (antara lain chip, RAM, dan kamera) yang hampir serupa.

Pendahulunya, Redmi 2, dihargai tidak jauh berbeda di Indonesia. Perbedaan terpenting mungkin pada desain baterai dan slot kartu microSD. Xiaomi umumnya memiliki baterai yang tidak dapat dicopot, dan tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk ekspansi memori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (6/3/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper