Dua Konsorsium Ini Menangi Tender Palapa Ring Jilid II

Agnes Savithri
Sabtu, 23 Januari 2016 | 03:41 WIB
Ilustrasi Palapa Ring Jilid II./infopublic.id
Ilustrasi Palapa Ring Jilid II./infopublic.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Konsorsium Moratel Triasmitra dan konsorsium Pandawa Lima memenangkan tender Palapa Ring jilid II yang diestimasi bernilai US$230,64.

Konsorsium Moratel Triasmitra yang terdiri dari PT Moratelematika Indonesia dan PT Ketrosden Triasmitra ini memenangkan paket barat.

Sedangkan, Konsorsium Pandawa Lima yang terdiri dari PT LEN, PT Teknologi Riset Global Investama (TRG), PT Bina Nusantara Perkasa (BNP), PT Multi Kontrol Nusantara, dan PT Sufia Technologies ini memenangkan paket Tengah.

Sedangkan, pengumuman Paket Timur masih ditunda dan perlu dilakukan persiapan karena kompleksitas profil wilayah di Indonesia bagian Timur.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan akan menerapkan model bisnis Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) dalam tender tersebut.

“Model bisnis nya nanti KPS. Kerjasama swasta dan pemerintah. Artinya nanti investor akan membangun, mengoperasikan dan pendapatannya dijamin oleh pemerintah. Jika tidak, nanti tidak ada yang membangun,” ujarnya Jumat, (22/1) di Jakarta.

Rudiantara menambahkan struktur pembiayaan proyek ini mengharuskan pemenang tender akan menyetorkan 20% dari nilai tender paket kepada PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Sedangkan 80% berasal dari lembaga keuangan.

Ruang lingkup proyek Palapa Ring ini akan melayani daerah non-financially feasible atau wilayah yang tidak layan secara bisnis atau keuangan.

Di samping itu, ini merupakan proyek skema kerjasama pemerintah badan usaha pertama di sektor telekomunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper