XL Axiata & Pemkot Balikpapan Terapkan Program Kota Pintar

Nadya Kurnia
Kamis, 12 November 2015 | 16:48 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT XL Axiata dan Pemerintah Kota Balikpapan bekerja sama untuk melanjutkan program Indonesia Broadband Plan dengam menerapkan program XmartCity atau kota pintar di kota tersebut. 

Balikpapan merupakan salah satu kota yang menjadi target penerapan program Indonesia Broadband Plan 2015-2016 selain Jembrana dan Pekalongan. 

Direktur Digital Service XL Ongki Setiawan mengatakan program kerja sama yang siap diterapkan ini berupa aplikasi digital untuk reservasi rumah sakit, pembayaran uji KIR kendaraan bermotor, dukungan promosi untuk pengusaha UMKM, dan website untuk panti asuhan. 

"Dukungan kami ini berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB, yaitu dengan menerapkan 5 dari 17 sasaran," tuturnya kepada wartawan, Kamis (12/11/2015). 

Adapun kelima sasaran tersebut adalah dukungan pada sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur, serta program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan. 

Aplikasi digital yang dibuat oleh XL untuk menunjang sarana kesehatan di Balikpapan adalah aplikasi reservasi rumah sakit yang membantu penggunanya untuk mendapatkan akses ruang kamar untuk layanan rawat inap. 

"Aplikasi ini tidak terbatas hanya untuk pasien atau pengguna saja, tapi juga dipantau oleh Dinas Kesehatan Balikpapan. Aplikasi ini juga ada menu geographic information system, di mana pengguna bisa melihat lokasi rumah sakit terdekat beserta informasi ketersediaan kamar," sambung Ongki. 

Sementara pada layanan pembayaran uji kelayakan kendaraan secara online, XL memberikan solusi bagi Dinas Perhubungan Balikpapan dengan menggunakan uang elektronik XL Tunai yang memberikan layanan pembayaran lebih cepat tanpa antre dan bisa dilakukan selama 24 jam. 

Selain itu, XL juga memberikan dukungan teknis kepada dua unit usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) dan dua panti asuhan berula pembuatan website yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran bagi UMKM dan wadah karya anak-anak panti asuhan, serta mempermudah penggalangan dana bagi panti asuhan. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan kerja sama berbasis informasi dan teknologi ini dapat meningkatkan kinerja instansi terkait dalam melayani kebutuhan masyarakat setempat. 

"Kami menyadari kemajuan teknologi informasi dan teknologi menawarkan manfaat yang bisa digunakan untuk peningkatan kinerja pelayanan kami. Maka dari itu kami menggandeng XL untuk menerapkan kerja sama XmartCity ini," tutup Rizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nadya Kurnia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper