XIAOMI ANYAR: Redmi 2 Prime Siap Menggebrak

Gombang Nan Cengka
Sabtu, 26 September 2015 | 11:10 WIB
Harus diakui Xiaomi Redmi 2 Prime ini tidak banyak memiliki pesaing di kelasnya. /Bisnis.com
Harus diakui Xiaomi Redmi 2 Prime ini tidak banyak memiliki pesaing di kelasnya. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi calon pembeli yang ingin ponsel dengan kemampuan baik namun terjangkau, Xiaomi merupakan nama yang sudah tidak asing lagi.

Pembuat ponsel dari China ini terkenal menjual berbagai model peranti dengan kemampuan dan harga bersaing. Redmi 2 Prime, yang rencananya akan mulai dijual di Indonesia pada 28 September ini, adalah salah satunya.

Redmi 2 Prime, seperti namanya, adalah versi lain dari Redmi 2 yang sudah diluncurkan pada awal 2015 ini. Karena itu  Redmi 2 Prime memiliki kemampuan dasar yang tidak berbeda jauh. Bila Anda menyukai Redmi 2, namun menginginkan model dengan kemampuan yang lebih, Redmi 2 Prime kiranya bisa jadi pertimbangan.

PENINGKATAN

Bila Anda sebelumnya sudah memiliki Redmi 2, spesifikasi dan rancangan Redmi 2 Prime rasanya akan sudah akrab. Xiaomi menanamkan otak yang sama ke dalam kedua model ponsel ini, Qualcomm Snapdragon 410.

Ini merupakan peningkatan dibandingkan dengan kompetitor sejenis (seperti Motorola Moto G generasi pertama dan kedua) yang hanya dilengkapi dengan Snapdragon 400.

Perbedaan terpenting bagi banyak orang mungkin terletak pada kapasitas memori (RAM) dan medium penyimpanan (memori flash). Redmi 2 memiliki RAM 1 GB dan storage 8 GB, sedangkan Redmi 2 Prime sudah dilengkapi dengan RAM 2 GB dan storage 16 GB.

Tambahan kapasitas RAM dan storage ini akan membantu buat pengguna yang ingin memasang dan menjalankan lebih banyak aplikasi. RAM 1 GB dan storage 8 GB mungkin cukup untuk pengguna yang hanya memiliki kebutuhan dasar, namun sangat tidak memadai bila Anda mendayagunakan ponsel pintar secara lebih intensif. Redmi 2 Prime, dengan RAM dan storage yang lebih lapang, akan jauh lebih menarik.

Bila Anda berniat untuk menyimpan data berjumlah besar, storage internal 16 GB mungkin tidak akan cukup. Tersedia pilihan untuk memasang kartu memori ekspansi sampai maksimum 32 GB.

Spesifikasi lainnya tidak jauh berbeda dengan model Redmi 2 standar: ponsel ini memiliki layar 4,7 inci, dengan resolusi 1280x720 piksel. Tersedia kamera utama 8 megapiksel (backside illuminated), buat meningkatkan performa ketika mengambil gambar di cahaya kurang), dan kamera depan 2 megapiksel.

Kapasitas baterai yang memasok daya ke ponsel ini mencapai 2200mAh. Dukungan terhadap teknologi Qualcomm QuickCharge 1.0 memungkinkan pengguna yang terburu-buru untuk mengisi baterai lebih cepat. Xiaomi menanamkan Android 4.4 (KitKat) dengan antarmuka MIUI buat produknya ini.

Redmi 2 Prime ini sudah siap menghadapi era jaringan data seluler generasi keempat (4G). Seperti juga model standar, ponsel ini memiliki slot kartu SIM ganda.

PESAING

Harus diakui Xiaomi Redmi 2 Prime ini tidak banyak memiliki pesaing di kelasnya. Pesaing terdekat mungkin adalah Moto G generasi ketiga, yang mempunyai spesifikasi dan harga yang tidak jauh berbeda. Misalnya, keduanya dilengkapi dengan chip Qualcomm Snapdragon 410 dan RAM 2 GB.

Namun sampai saat ini ponsel dari Motorola ini belum memasuki Indonesia.

Samsung Galaxy A5 pada dasarnya memiliki kemampuan komputasi yang serupa (otak Qualcomm Snapdragon 410, RAM 2 GB dan storage 16 GB).

Namun ponsel Samsung ini dilengkapi dengan kamera yang mampu menangkap gambar dengan resolusi lebih besar, dan dengan bodi yang terbuat dari logam, Samsung menawarkan desain yang lebih mewah. Tidak mengherankan bila harganya juga lebih dari dua kali lipat.

Pesaing lain yang juga bisa dibandingkan adalah model Asus Zenfone 2 yang memiliki kapasitas memori dan storage  serupa (2 GB RAM, 16 GB storage). Layarnya memang lebih besar (5,5 inci) namun resolusi piksel yang ditampungnya tidak jauh berbeda. Namun Asus menjual ponsel ini lebih mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Sabtu (26/9/2015)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper