Ini Perbedaan Antara 4G dan 4,5 G

Newswire
Kamis, 20 Agustus 2015 | 07:17 WIB
Ilustrasi/kampusit
Ilustrasi/kampusit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Jaringan 4.5G kini resmi hadir di Indonesia yang ditandai dengan peluncuran layanan 4G LTE-Advanced Smartfren di Jakarta, Rabu.

Menurut Senior Manager Project Management Office (PMO) ZTE Indonesia, Vimal Kanagalingman, perbedaan 4G dan 4.5 terletak pada jumlah frekuensi sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih baik.

"Perbedaan 4G dan 4.5 adalah 4G menggunakan single carrier, sedangkan 4.5G dua carrier," kata dia. Jaringan 4.5G yang tersebar dapat mendukung mode TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex) secara bersamaan. Jaringan tersebut dioperasikan pada frekuensi 800MHz dan frekuensi terbaru 2.300MHz.

Dengan didukung dua standar LTE, yaitu TDD dan FDD, perangkat yang telah mendukung jaringan 4G LTE bekerja lebih optimal dibandingkan dengan dengan jaringan-jaringan yang hanya didukung satu standar LTE. Jaringan tersebut juga dapat bekerja di dua frekuensi sehingga dapat menghadirkan kombinasi antara cakupan data yang luas dan bandwidth yang optimal.

"Pada intinya, dengan 4.5G download akan semakin cepat," ujar Vimal. Tidak hanya dari segi kecepatan, Vimal mengatakan bahwa jaringan 4.5G lebih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper